Yang Harus Dihindari Jika Ingin Pertemananmu Langgeng

Tidak hanya hubungan bersama pasangan yang ingin langgeng dan bahagia. Namun hubungan bersama teman pun diharapkan langgeng dan tetap akur sampai tua.

Karena tidak jarang hal sepele justru bisa menyebabkan pertemanan seseorang berubah menjadi musuh, maka dari itu didalam pertemanan pun kita harus menjaga dan memiliki aturan agar tidak mudah bertengkar.

Maka dari itu hindari beberapa hal berikut ini jika menginginkan pertemanan yang langgeng.

1. Bermuka Dua
Jangan sampai menjadi teman yang bermuka dua. Ketika didepan temannya manis dan ketika dibelakangnya justru membicarakan kejelekannya.

Jika memang ada hal yang tidak kamu suka, atau temanmu salah lebih baik jujur dan katakan kepada secara langsung dengan cara baik-baik tanpa menyudutkan atau menyalahkan.

2. Jangan Mudah Baper
Terkadang kita mudah sensetif ketika teman kita hanya ingin bercanda namun kitalah yang mudah baper sehingga kesal dan merasa sakit hati.

Akhirnya kalau sudah merasa kesal bisa membenci atau bahkan meninggal persabatan. Lebih baik asiklah, ketika bercanda harus ikut bercanda tanpa merasa tersakiti.

3. Tidak Mau Menolong Disaat Dia Membutuhkanmu
Berteman itu tidak hanya ketika senang saja namun ketika sedih dan terpuruk sekalipun harus tetap bersamamnya. Ketika temanmu membutuhkanmu jangan sampai menghindar.

Selama kamu bisa, berilah bantuan, jika tidak bisa, cukup katakan alasannya dan beri dukungan moral maka pertemananmu akan langgeng.

4. Jangan Lupakan Temanmu Ketika Kamu Bahagia
Biasanya kalau sudah bahagia, sudah sama-sama sibuk kita tidak akan seintens dulu memberi kabar kepada teman. Maka dari itu kita harus tetap memberi kabar meskipun sama-sama sibuk.

Jangan lupa ketika bahagia dan datang ketika sedih, karena yang demikian tidak bisa dikatakan dengan teman sejati.

5. Tidak Mau Menjadi Pendengar yang Baik
Pertemanan akan langgeng ketika kamu merasa nyaman dan dihargai. Jika kamu butuh teman curhat dia tidak bisa menjadi pendengar yang baik tentu akan membuat temannya tidak nyaman.

Maka jadilah pendengar yang baik, karena terkadang seseorang hanya membutuhkan pendengar yang baik untuk menceritakan semua keluh kesahnya.