Warisan Terbaik Orang Tua Untuk Anak-anaknya Adalah Ilmu Agama, Pendidikan, dan Akhlaq Mulia

  • 10.6K
    Shares

Warisan, harta yang dibagi oleh orang tua kepada anak-anaknya, ntah itu berupa properti atau aset berharga lainnya. Iya, ketika kita mendengar kata warisan itu disebut pasti yang terngiang di dalam kepala kita adalah uang dan uang.

Padahal warisan terbaik orang tua untuk anak-anaknya itu bukanlah harta, bukanlah berlian yang indah, bukan uang yang melimpah. Tapi ilmu agama, pendidikan yang baik, akhlaq mulia, dan kebiasaan-kebiasaan yang baik lainnya.

Lantas untukmu para orang tua, jangan berkecil hati mengingat keadaan yang sepertinya hanya sederhana saja, yang penting kamu sudah berusaha untuk mendidik dan mengajari anak-anakmu dengan baik akan suatu ilmu tentang hidup.

Ilmu Agama Akan Selalu Menjaga Anak-anak Saling Menyayangi dan Menghargai Satu Sama Lain

walimah.info

Pertama memang ilmu agama yang harus diajarkan kepada anak-anakmu, karena ilmu agama akan selalu menjaga anak-anakmu saling menyayangi dan menghargai satu sama lain.

Bila ilmu agama telah mendasari jiwanya, maka dari kecil hingga besar pun dia tidak akan pernah lupa untuk saling asih dan saling asuh sesama sodara.

Pendidikan Akan Selalu Menjadikan Anak-anak Itu Istimewa Dengan Ragam Pengetahuan

wajibbaca.com

Lalu kenapa pendidikan itu juga penting? karena pendidikan itu yang akan mengajarkan bagaimana dia harus hidup meski nanti dia sudah lepas dari orang tua, pendidikan itu yang akan memberitahunya mana yang salah dan benar, dan pendidikan itu yang akan mengajarkannya selalu baik kepada sesama, terlebih orang tua.

Akhlaq Mulia Akan Selalu Menjadikan Anak-anak Itu Memiliki sopan santun dan Budi Pekerti yang Baik

hijabyuk.com

Lantas akhlaq mulia? anak-anak memang harud selalu dibekali akhlaq mulia oleh orang tua, karena manusia akan dikatakan seorang insan bila dirinya mampu menjaga akal dan akhlaqnya dengan baik.

Akhlaq mulialah yang akan menjadikan anak-anak itu mampu memiliki sopan santun, tatakrama, dan budi pekerti yang baik ketika sudah berbaur dengan yang lainnya.

Anak-Anak Akan Mendapat Kebahagian Dunia dan Akhirat, Bila Orang Tua Telah Memberinya Bekal Hidup yang Cukup

muslimah.com

Intinya, anak-anak akan mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat, bukan karena dia sudah orang tua jamin dengan kehidupan yang serba berkecukupan dan mewah, tapi disaat orang tuanya sadar akan tanggung jawab yang sebenarnya.

Anak-anak akan tumbuh menjadi penerus kehidupan yang baik bila memang orang tuanya telah memberinya bekal hidup yang cukup, baik, dan sesuai dengan aturan-Nya.

Karena Harta Benda Kadang Hanya Membuat Mereka Bertikai, Berebut, dan Saling Dengki Satu Sama Lain Saat Orang Tua Sudah Tidak Ada

islamkafah.com

Jadi ingatlah dengan baik wahai orang tua dan semua yang hendak menjadi orang tua, jangan berpikiran sempit bahwa hanya harta bendalah yang anak-anakmu butuhkan, tapi kasih sayang, didikan, dan bekal hidup yang cukup.

Mengapa harta benda lebih rendah nilainya dari ilmu agama, pendidikan, dan akhlaq mulia? karena harta bisa dicari kapanpun, tapi membentuk diri yang baik perlu dibiasakan dari sejak anak itu kecil.

Dan satu lagi, harta bendalah yang kadang membuat mereka (anak-anak) bertikai, berebut, dan saling dengki satu sama lain saat orang tua sudah tidak ada lagi. Na’udzubillah