Untuk yang Baru Menikah, Ini Cara Mengatasi Konflik Agar Rumah Tangga Langgeng

liputan6.com

Pernikahan adalah kehidupan baru, lima tahun pertama pernikahan menjadi hal yang sangat membahagikan. Akan ada banyak hal yang ditemui, bahkan awal menikah teras aberat karena harus saling menyesuaikan satu sama lain.

Tak sedikit yang bercerai di tahun ketiga, mengapa demikian, ternyata karena mereka belum saling mengenal satu sama lain. Setelah menikah akan terlihat semua sisi buruk sehingga jika tidak bisa menerima akan bercerai.

Faktor usia juga mempengaruhi, mereka yang belum matang dari segi emosi dan belum cukup dewasa dalam menyelesaikan masalah, mengatur keuangan sehingga sangat dibutuhkan menajemen emosi, kesabaran dan kedewasaan diri.

Stres dalam pernikahan pun adalah hal wajar dan normal sehingga pembuktiaan tentang kebijaksaan, kerendahan hati pasangan yang baru menikah memang harus dimiliki.

Menurut penelitian, ada 3 masalah utama bagi pasangan yang baru menikah, diantaranya adalah:

1. Waktu
Pekerjaan seringkali membuatmu kehilangan banyak waktu sehingga untuk sekedar berbincang hangat dengan pasanganmu semakin sulit.

Hal ini harus dibahas agar tidak memudarkan perasaan cinta dan keharmonisan. Usahakan untuk memberikan waktu atau quality time dengan pasangan.

2. Hubungan Intim
Bagi pasangan yang sudah menikah hubungan intim adalah hal yang menyenangkan namun kenapa bisa menyebabkan stres? Mungkin karena pemikiran semua orang hubungan intim itu harus nyaman dan menyenangkan.

Hal itulah yang menyebabkan pasangan terlalu fokus pada hal tersebut. Padahal untuk menciptakan hubungan yang nyaman ternyata berkaitan dengan waktu dan tenaga yang dimiliki untuk melakukannya.

3. Keuangan
Pasangan muda seringkali mengalami masalah keuangan. Berusaha mengatur pengeluaran dan pemasukan, apalagi jika ditambah hutang saat mengadakan resepsi.

Maka dari itu sebelum menikah harus membicarakan hal ini agar tidak terjadi konflik yang lebih besar lagi.

Cara Mengatasinya
Menurut Psikolog Mariana Widiastuti M.Psi mengatakan bahwa tahun pertama adalah tahun saling menyesuaikan diri dan pengenalan lebih jauh lagi.

Yang paling penting adalah komitmen dan komunikasi yang baik. Kesalahpahaman akan muncul disebabkan oleh kominikasi yang tidak baik. Saling menghargai dan menghormati juga bisa menimalisir masalah dalam rumah tangga.

Hubungan Akan Langgeng Jika

  • Komunikasi Baik
  • Bisa Berkompromi
  • Tidak Egois
  • Memiliki Pikiran Terbuka
  • Bisa Menyelesaikan Masalah
  • Tetap Menjaga Waktu Bersama Agar Kemesraan Tetap Terjaga