Untuk Remaja, Ini 8 Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat Sampai Tua

kompas.com

Masa remaja sekaan masak yang penuh dengan masalah kulit yang tidak bisa kamu lewatkan seperti masalah jerawat dam komedo.

Hal itu disebabkan lonjokan hormon yang membuat kalenjer minyak membesar sehingga menyebabkan kulit remaja rentan berminyak.

Maka dari itu untuk menjaga kesehatan kulit sejak remaja kamu bisa langkukan bberapa langkah berikut.

1. Bersihkan Make Up Sebelum Tidur
Jangan sekali-kali tidur dalam keadaan tidak menghapus make up, karena kosmetik dan kotoran yang menumpuk dapat merusak kulit wajah.

Jika kamu rasa sudah sangat lelah untuk cuci muka, kamu hanya cukup membersihkan make up dari wajah menggunakan pembersih.

2. Eksfloisasi Wajah
Menjaga kesehatan pada wajah dengan cara rutin mengeksfloisasi wajah 2 kali setiap minggu menggunakan scrub yang lembut dan hindari menggosok kulit.

3. Hindari Berbagi Riasan dengan Teman
Kebiasan yang sering terjadi, mulai sekarang kamu tidak usah berbagi riasan denga teman, karena hanya akan memindahkan kuman ke wajahmu.

4. Gunakan Tabir Surya
Salah satu car untuk tetap menjaga kulit agar tetap sehat yaitu melindungi kulit dari sinar UV dengan rutin menggunakan sunscreen.

5. Rutin Membersihkan Kulit
Rajin mebersihkan wajah setelah beraktivitas sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit, jangan lupa bersihkan make up terlebih dahulu mengguakan pembersih.

6. Mengotrol Minyak Wajah
Biasanya wajah remaja sangat rentang berminyak, maka dari itu kamu harus pandai mengotrolnya.

Gunakan pembersih dnegan kandungan asam salisilat, primer bebas minyak dan kertas minyak.

7. Pilih Produk Jerawat yang Tepat
Cara yang tepa dalam mengatasi jerawat dimulai dengan membersihkan kulit, menggunakan toner lalu menggunakan obat jerawat yang cocok dengan kulitmu.

8. Kunjungi Dokter
Cara lain kamu bisa engunjungi dokter untuk konsultasi mengenai maslah pada kulitmu, karena nanti akan ada perawatan khusus untuk wajah yang terawat.