Untuk Menilai Seseorang Cobalah Kenali Dia Dari Semua Sisi Terlebih Dahulu

Jangan menilai orang lain dengan sebelah mata saja, karena itu akan sangat menyakitinya. Dan sekalipun ada suatu hal yang membuatnya buruk, tentu ada sisi lainnya yang harus menjadi pertimbanganmu untuk memberinya nilai minus.

Alangkah lebih biknya sebelum kamu menilainya maka cobalah kenali dulu dia dari semua sisi terlebih dahulu, karena disitulah kamu akan selamat dari egois menghakimi.

Jangan Membenci Dia Karena Satu Sisi yang Kamu Bilang Buruk, Sungguh Itu Sangatlah Tidak Adil

instagram.com/ismee_tasneem

Maka dari itu, jangan suka membenci orang lain dengan alasan satu sisi darinya yang buruk, sungguh itu sangatlah tidak adil jika ternyata kebaikannnya lebih banyak dari keburukannya.

Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, lantas jangan pernah kamu lupakan itu agar kamu tidak serta menjudge orang lain yang kamu lihat sedang melakukan kesalahan.

Lihatlah Bagaimana Dia Keseluruhan, Bisa Jadi Dia Lebih Baik Dari Dirimu Saat Ini

instagram.com/ismee_tasneem

Lihatlah bagaimana dia keseluruhan, terlebih kelebihannya, karena seburuk-buruknya manusia pasti dia memiliki kelebihan, dan bisa jadi dia lebih baik dari dirimu saat ini.

Lantas hati-hatilah menilai orang lain, jika kamu tidak tahu dengan baik seperti apa kehidupan yang dijalani sesungguhnya, maka jangan pernah beri dia penilaian buruk karena ada satu sisi yang ketepatan kamu melihatnya buruk.

Begitu Juga Ketika Kamu Menyukai Seseorang, Jangan Terlalu Mengangungkan, Takut Nanti Kamu Kecewa

instagram.com/ismee_tasneem

Begitu juga ketika kamu menyukai seseoang, jangan sampai kamu terlalu mengangungkannya, takut nanti kamu kecewa setelah tahu boroknya seperti apa.

Karena manusia kadang begini, diawal dia sangat bangga, sangat suka, bahkan sangat dikaguminya, tanpa tahu kekurangannya seperti apa, tapi ketika sudah tahu maka tiada ampun untuknya membenci dan kecewa.

Lihatlah Juga Bagaimana Kurangnya Dia, Agar Kamu Tidak Pernah Buta Dalam Menyukainya

instagram.com/ismee_tasneem

Padahal diawal-awal kamu sudah seharusnya bijaksana dalam menilai, meski kamu benar suka tapi sadarlah pula bahwa dia bukan makhluq sempurna, dengan demikian tentu kamu tidak akan pernah buta dalam menyukainya, dan kamu pun akan selamat dari kecewa.

Berusahalah Untuk Menjadi Orang yang Bisa Mengerti Kekurangan dan Kelebihan Orang Lain, Agar Kamu Tumbuh Bijaksana

instagram.com/ismee_tasneem

Oleh karenanya, berusahalah kamu menjadi orang yang bisa mengerti kekurangan dan kelebihan orang lain, berusahalah untuk selalu bisa memahami keadaan orang lain, agar kamu tumbuh bijaksana dan tidak gampang menjudge atau nyinyir kepada orang lain saat memberi penilaian.