Sungguh Kasihan Seorang Insan, Saat ISLAM Hanya Sekedar Pengetahuan, Bukan Pengamalan

  • 1.9K
    Shares

Memang sungguh kasian para manusia yang mengaku islam namun kehidupannya jauh dari kesan yang telah Allah ajarkan. Sangat memprihatinkan ketika seorang muslim atau muslimah hanya sekedar mengetahui tentang islam, namun tidak bisa untuk mengamalkannya.

Jika kita mengakui islam sebagai agama yang terbaik untuk kehidupan kita, maka tidakkah kita menyadari bahwa seharusnya kita mengamalkan apa-apa yang sudah islam tentukan untuk kita.

Karena jika kita tahu bahwa islam itu adalah agama yang terbaik dari semua agama yang ada, dan menyadari bahwa islam sangat elegan dalam mengatur tata cara kehidupan kita, sudah sepantasnya kita mengikutinya.

Jika kita mengakui bahwa Allah adalah tuhan kita satu-satunya, maka hendaknya kita selalu menyadari bahwa dialah Dzat yang maha perkasa, Dialah Dzat Yang Mengatur Segalanya, dan Dialah Dzat yang maha melihat. Sebab itulah seharusnya kita mengakuinya dengan mengikuti segala perintah dan larangannya.

Dan jika kita menyadari bahwa Nabi Muhammad adalah petunjuk yang diutus Allah dalam memberi arahan kepada kehidupan kita, maka hendaknya kita meneladani segala sikap dan perilakunya, agar kehidupan yang kita miliki selalu tersyafaati oleh Syafaat-Nya.

Karena sungguh merugi para manusia yang hanya sekedar tahu bahwa agamanya adalah islam tapi tidak tahu akan ilmu-ilmu islam yang terkandung didalamnya. Dan sangat merugi lagi jika hanya sekedar tahu ilmu-imunya, tetapi tidak bisa mengamalkannya untuk mencari Ridla Ilahi.

Banyak Insan Yang Tahu Bahwa Shalat Itu Wajib, Tapi Masih Banyak Yang Lalai Untuk Mengerjakannya

lowcosttraveler.wordpress.com

Karena banyak insan yang mengetahui bahwa perintah untuk melaksanakan shalat itu wajib, tapi masih saja banyak yang melailakannya. Banyak yang mengetahui bahwa melaksanakan shalat tepat pada waktunya adalah yang paling utama, tapi banyak diantara kita yang masih tak bisa melakukannya.

Banyak Insan Yang Tahu Bahwa Berhijab Itu Wajib, Tapi Masih Banyak Yang Tidak Menunaikannya

Karena banyak insan yang mengetahui bahwa berhijab itu adalah sebuah kewajiban bagi seorang muslimah yang sudah baligh, tapi masih banyak diantara kita yang tidak menunaikannya. Bermacam alasan dilontarkannya, padahal yang namanya kewajiban adalah siap tidak siap kita harus menggunakannya.

Banyak Insan Yang Tahu Bahwa Pacaran Itu Dilarang, Tapi Masih Banyak Yang Melakukannya

nettik.net

Karena banyak insan yaang tahu bahwa berpacaran itu sangat dilarang oleh agama, tapi tetap saja diantara kita masih banyak yang melakukannya dengan tanpa sedikitpun malu ataupun takut kepada siksa Allah. Padahal sudah jelas-jelas pacaran adalah hubungan yang memang hanya akan menjerumuskan kita kepada lembah kenistaan.

Banyak Insan Yang Tahu Bahwa Bergunjing Itu Dosa, Tapi Masih Banyak Orang Yang Mengabaikannya

college.usatoday.com

Karena banyak insan yang tahu bahwa ngomongin orang lain dibelakangnya ataupun menggunjing kejelekannya adalah suatu perkara yang mendatangkan dosa. Tetapi masih banyak diantara kita yang mengabaikannya, mereka menganggap hal seperti ini adalah perkara yang biasa. Dan tanpa malu kepada Allah sama sekali para muslimah terkadang begitu heboh melakukannya.

Banyak Insan Yang Tahu Bahwa Berzakat Itu Wajib, Tapi Masih Banyak Yang Tidak Melaksanakannya

detakmuslim.com

Karena banyak insan yang tahu bahwa berzakat itu adalah kewajiban kita sebagai seorang muslim, tetapi masih banyak diantara kita yang tidak bisa melakukannya. Terkadang harta yang harusnya wajib diserahkan kepada fakir miskin, dipelihara hanya untuk sekedar melengakapi kemewahan hidupnya.

Hal ini terjadi karena ilmu yang kita miliki tentang islam hanya sekedar sebuah pengetahuan belaka, maka tak heran jika banyak diantara kita yang tak bisa mepraktekannya pada amal sehari-hari. Dan inilah akibatnya, jika ilmu yang kita miliki hanya sekedar pengetahuan saja, kita sadar akan aturan-aturan islam yang ada, tetapi ruginya kita karena tak mampu menyadarinya.