Setiap Manusia Memiliki Masalah Sendiri-sendiri dan Cara Masing-masing Untuk Menyelesaikannya

Jangan suka menilai orang lain seenak jidat kita, jangan terbiasa menjudge masalah orang lain dengan begitu buruk dan enteng, sungguh setiap manusia memang Allah beri ujian tidak sama.

Setiap manusia memiliki masalah sendiri-sendiri dan cara masing-masing untuk menyelesaikan masalahnya, maka kita sebagai orang yang hanya menonton tidak usah usil berkomentar sesuatu yang tidak mengenakkan, lebih baik diamlah!

Jangan Sampai Kita Semaunya Menilai, Sungguh Kita Tidak Pernah Tahu Apa yang Sebenarnya Orang Lain Hadapi

instagram.com/vebbypalwinta

Kendalikan hati dan pikiran kita, jangan sampai kita semaunya menilai keadaan orang lain, sungguh kita pun tidak pernah tahu apa yang sebenarnya orang lain tengah hadapi.

Kita tidak pernah tahu seberat apapun dia menjalani hari-harinya, sehingga dia berada dalam keringkihan yang kini sedang dia alami.

Jangan Pula Memberi Penghakiman, Jika Kita Tidak Bisa Membantu Setidaknya Kita Jangan Mencela

instagram.com/vebbypalwinta

Jangan pula kita memberi penghakiman, jika memang kita tidak bisa membantu setidaknya kita jangan pernah mencelanya, kita jangan pernah menghinannya dengan buruk.

Berbijaklah menilai keadaan orang lain, dan berbaik sangkalah kepadanya, itu lebih baik daripada kita harus mengeluarkan kata-kata kotor untuk semakin memojokkannya.

Kita Tidak Tahu Bagaimana Dia Sesungguhnya, dan Coba Saja Kita Berada di Posisinya, Mampukah Kita Berbijak Hati?

instagram.com/vebbypalwinta

Kita tidak pernah tahu bagaimana dia yang sesuangguhnya, lebih-lebih jika kita hanya sekedar tahu, kenal tapi tidak akrab, maka jangan sampai kita seakan sok tahu bagaimana dirinya.

Prasangka dan mata bisa saja salah, maka pastikan jangan seenaknya memberi komentar buruk pada masalah orang lain. Pikirkan dengan baik, bagaimana jika keadaannya dibali, posisi kita berada dalam posisinya, mampukah kita lebih berbijak hati?

Kita Tdak Pernah Tahu Keadaan dan Kemampuan Dia Menghadapi Masalahnya, Maka Janganlah Kita Usil Berkomentar Buruk

instagram.com/vebbypalwinta

Kita juga tidak pernah tahu keadaan dan kemampuan dia menghadapi masalahnya, kita tidak pernah tahu sebesar apa rasa sabarnya di hati, maka janganlah kita usil berkomentar buruk dan sesuka hati kepadanya.

Jangan Suka Meremehkan Masalah Orang Lain, Sungguh Setiap Kita Memiliki Batas Kemampuan Sendiri-sendiri Dalam Menghadapi Masalah

instagram.com/vebbypalwinta

Pada intinya, jangan suka meremehkan masalah orang lain, jangan suka meremehkan kesedihan orang lain, sungguh setiap kita memiliki batas kemampuan sendiri-sendiri dalam menghadapi sebuah masalah.

Bisa jadi saat Allah menukar posisi kita dengannya, malah kita lebih tidak bisa bijaksana menyelesaikannya, dan eluhan demi eluhan selalu kita lontarkan tanpa henti.