Senantialah Menjaga Hati, Karena Hati Akan Menjaga Akal, dan Akal Akan Menjaga Lisanmu

  • 1.9K
    Shares

Siapapun kita saat ini dan dimanapun kita beasa, senantiasalah menjaga hati, mengendalikan hati, dan memperbaiki hati, karena bila hati terjaga maka akal pun akan terjaga.

Sedangkan bila akal telah terjaga dengan baik maka lisan pun akan terjaga dan terkendali dengan baik, dengan penuh manfaat, dan pastinya tidak akan sembarangan dalam berucap.

Perbaikilah Hati Kita Tanpa Mengenal Cukup, Karena Hati Gampang Sekali Berubah-ubah

instagram.com/eslimah

Oleh karenanya, perbaikilah hati kita tanpa mengenal cukup, tanpa mengenal bosan, dan tanpa mengenal lelah, karena hati kita sifatnya gampang sekali berubah-ubah.

Mintalah kepada Allah agar dalam kondisi seperti apapun, diri kita diberi kekuatan untuk selalu menjaga hati dengan bijaksana.

Jangan Biarkan Hati Terserang Penyakit Hati, Agar Sampai Kapanpun Kita Tetap Bijaksana Membawa Diri

instagram.com/eslimah

Jangan pernah biarkan hati kita terserang oleh penyakit hati yang merugikan, seperti halnya iri, dengki, hasad, sombong, ujub, riya’, dan sebagainya.

Mengapa? agar sampai kapanpun kita tetap bijaksana membawa diri, agar dimanapun kita berada dan berhadapan dengan siapapun kita tetap bisa berlaku baik dan sopan.

Hindarkan Hati Dari Rasa Dengki dan Benci, Agar Sampai Kapanpun Lisan Kita Tetap Terkondisi Dengan Baik

instagram.com/eslimah

Hindarkanlah hati dari rasa dengki dan benci, karena dua sifat inilah pangkal dari ketidak bahagiaan kita dalam menjalani kehidupan.

Jika ada rasa benci atau pun dengki, maka hal baik yang nampak di depan mata pun akan terlihat buruk. Lantas tidak sedikit seseorang yang hatinya kotor dengan kebencian dan dengki, maka lisannya pun tidak dapat terkondisi dengan baik.

Hindarkan Hati Dari Rasa Iri, Agar Sampai Kapanpun Kita Bisa Selalu Mengajari Hatimu Untuk Bersyukur

instagram.com/eslimah

Selain itu hindarkanlah hati dari rasa iri, karena biasanya orang yang menanam menyakit suka iri dalam hati, maka sampai kapanpun dia tidak akan pernah tenang menjalani apa yang memang sudah seharusnya dia jelani.

Biasanya dia akan sulit sekali bersyukur, yang nampak di matanya hanyalah kurang dan kurang, terlebih bil melihat orang lebih mampu darinya, maka pasti hidupnya menjadi tidak akan menentu seketika, dan lisannya pun otomatis akan berkata kotor.

Menjaga Memang Bukan Perkara Mudah, Tapi Berusahalah dan Teruslah Belajar Tiada Henti, Agar Dirimu Menjadi Peribadi yang Allah Ridhoi

instagram.com/eslimah

Dan ketahuilah, menjaga hati memang bukan perkara yang mudah, namun tetapi berusahalah dan teruslah belajar tiada henti, agar diri kita selalu menjadi peribadi yang Allah ridhoi.

Sungguh tatkala ridho Allah selalu bersama kita, maka insyaallah segala sikap dan perilaku kita akan selalu baik dan pastinya membawa kebaikan pada siapapun.