Sebelum Memutuskan Menikah, Tanyakan 5 Hal Ini Kepada Diri Sendiri

merdeka.com

Keputusan yang sangat besar didalam hidup adalah keputusan untuk menikah. Karena memutuskan untuk menikah butuh pertimbangan yang matang.

Karena menikah artinya kamu memutuskan untuk menghabiskan sisa hidupmu bersama dengan seseorang yang sangat kamu cintai. Lima hal ini harus kamu tanyakan apa yang membuatmu memutuskan untuk menikah dengannya.

Setiap orang memiliki jawaban yang berbeda, namun menurut Daphne de Marneffe, psikolog klinis, mengatakan bahwa umumnya jawaban dari menikah itu cenderung menyangkut pasangan bukan diri sendiri.

1. Apakah Hubunganmu Dengannya Setara
Hal ini harus kamu tanyakan kepada dirimu sendiri, terutama tentang finansial karena masalah ini sangat rentan didalam rumah tangga.

Alangkah lebih diskusikan masalah finansial ini, apakah kamu dan pasangan sama-sama berkontribusi atau kamu sendiri yang memiliki banyak pengeluaran.

Karena sesuatu yang tidak seimbang bisa membuat hubungan timpang.

2. Bagaimana Ekspektasi Orang Tua Terhadap Kehidupanmu?
Setiap pasangan pasti berbeda dalam mendidik anaknya atau ketika mengambil keputusan. Namun keluarga atau kerabat memiliki kontribusi akan kehidupan pernikahanmu.

Kamu harus bisa melihat harapan dari keluargamu tentang pernikahanmu. Amiira Ruotola, salah satu penulis buku How to Keep Your Marriage From Sucking, mengatakan bahwa baik keluargamu dan keluarga suami memiliki cara yang berbeda.

3. Keinginan Untuk Memiliki Anak
Hampir 99% dari orang yang menikah tujuannya pasti ingin memiliki anak, tapi ada sebagian juga yang menginginkan anak adopsi karena memberikan kesempatan kehidupan dan juga pendidikan bagi anak yang kurang beruntung.

4. Tujuan Hidumpu dan Hidup Pasangan
Kamu harus mengetahui apa tujuan hidupmu dan tujuan hidup pasanganmu. Rob Scuka, direktur eksekutif National Institute of Relationship Enhancement, mengatakan bahwa sangat penting memeriksa tujuan hidup dan memastikan apakah selaras dengan pasangan.

Agar kelak tak ada yang diperdebatkan hanya karena berbeda pandangan hidup.

5. Apa Persiapanmu Untuk Kehidupan Rumah Tanggamu
Ellen McCarthy Rosenthal, penulis The Real Thing: Lessons on Love and Life from a Wedding Reporter’s Notebook, mengatakan banyak pasangan yang siap untuk kehidupan pernikahan mereka.

Tapi mereka lupa memikirkan kehidupan setelah hari pernikahan, padahal itulah kehidupan baru buat mereka. Sehingga harus memiliki perencanaan, membaca buku tentang pernikahan dan konsultasi dengan psikolog keluarga.