Sebelum Kita Lelapkan Mata Untuk Tidur, Bermuhasabahlah Sejenak Agar Tidur Kita Bersama Taubat

  • 29
    Shares

Sebelum kita lelapkan mata untuk tidur, bermuhasabhlah sejenak agar tidur kita bersama taubat, sebab bermuhasabah paling gampang adalah ketika kita lepas dari hal keduniaan sejenak, dan hal itu adalah waktu sebelum tidur selain waktu-waktu menghamba kepada Allah.

Dan apabila diwaktu menghamba seperti halnya setelah shalat tidak bisa kita lakukan, maka setidaknya sebelum kita pejamkan mata untuk tidur, pikiran dan hati kita berbijaksana untuk mengingat segala sesuatu yang telah terjadi hari ini.

Pikirkan juga segala kesalahan kita, baik kesalahan itu kepada Allah ataupun kepada hamba-hamba Allah yang lainnya.

Luangkan Waktu Sebelum Mata Terpejam Untuk Mengingat Segala Kejadian Yang Terjadi Hari Ini, Terutama Tentang Kesalahan Dan Dosa

news.nationalpost.com

Luangkanlah waktu beberapa menit sebelum mata terpejam untuk mengingat segala kejadian yang telah terjadi hari ini, terutama tentang kesalahan dan dosa kita kepada Allah.

Sebab bila hubungan kita selalu terjalin baik dengan Allah, maka hubungan antara hamba yang lainpun akan selalu baik, dan kesalahan itu tentu tidak akan kita lakukan, karena terkendalinya sikap dan perilaku kita yang selalu menghadap pada kasih sayang Allah.

Ingatlah Kesalahan Dan Dosa Apa Yang Telah Kita Lakukan Dalam Seharian, Baik Yang Disengaja Ataupun Yang Tidak

ibtimes.com

Ingatlah kesalahan dan dosa apa yang telah kita lakukan dalam seharian, baik yang disengaja ataupun yang tidak, agar dihari esok kita masih mempunyai kesempatan baik dan meminta maaf.

Sebab kuota umur kita tak ada yang tahu kapan berakhirnya, namun setidaknya ketika kita menyadari sejenak kesalahan yang dilakukan, kita bisa menghapusnya dengan bacaan istighfar yang dilafadzkan dengan penuh penyesalan.

Renungkanlah Secara Bijaksana Tindakan Apa Saja Yang Telah Kita Lakukan Dalam Seharian Ini

huffingtonpost.com

Renugkanlah secara bijaksana tindakan apa saja yang telah kita lakukan dalam seharian ini, agar jika memang ada yang perlu diperbaiki bisa kita perbaikinya di hari esok.

Semoga Allah masih memberi kesempatan baik itu kepada kita, sehingga pada akhirnya kita benar-benar memahami makna hidup yang sesuangguhnya.

Ingatkanlah Hati Untuk Melakukan Taubat Kepada Allah, Walau Hanya Sekedar Mengucapkan Lafadz “Astaghfirullah”

istock.com

Iya, ingatkanlah hati untuk melakukan taubat kepada Allah, walau hanya sekedar mengucapkan lafadz “Astaghfirullah”, sebab taubat paling sederhana adalah ketika kita mampu menyadari kesalahan kita dan langsung meminta Ampunan kepada Allah.

Oleh karenanya biasakanlah lafadzkan kalimat istighfar sebelum tidur, agar dihari esok hati kita bisa menjadi lebih baik dan Allah torehkan kebaikan dalam hidup kita.

Sebab, Kita Tak Pernah Tahu Kapan Ajal Akan Menghampiri, Dan Bisa Jadi Tidur Kita Saat Ini Adalah Tidur Yang Terakhir

islamsejati.com

Sebab, kita tak pernah tahu kapan ajal akan menghampiri, dan bisa jadi tidur kita saat ini adalah tidur yang terakhir kalinya, maka dari itu bermuhasabahlah sebelum kita terlelap tidur.

Renungkanlah segala sikap dan perilaku yang kita lakukan selama seharian, agar jika memang ada kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak sekalipun, kita bisa memperbaikinya.