Penyesalan Terhadap Kekeliruan Masa Lalu, Justru Harus Tetap Ada. Karena Hakikat Taubat Adalah Penyesalan

Orang-orang yang pernah berbuat dosa, khilaf di masa lalu pasti akan merasa menyesal. Dan sesungguhnya rasa penyesalan itu baik, itu artinya hatimu sedang terketuk untuk mulai bertobat.

Jika kau menyesal telah khilaf, telah berbuat dosa sebaiknya mulailah memperbaiki diri, tak peduli sebesar apapun, kesalahan dan dosa-dosamu kau layak diampuni.

Salah Satu Syarat Taubat Adalah Menyesali Perbuatan Dosa Yang Dilakukan

instagram.com/fbyputrinc/

Sesungguhnya perasaan menyesal telah berbuat dosa, khilaf dan semacamnya, sangatlah baik untuk dirasa, apalagi jika kau mau bertobat atas kesalahan dan dosamu.

Salah satu syarat bertaubat adalah kau merasa menyesal telah berbuat dosa, menyakiti dan khilaf. Itu artinya kamu sadar atas perbuatanmu dan ingin memohon pengampunan dari Allah.

Penyesalan Itu Muncul, Karena Adanya Rasa Takut Terhadap Siksa Dan Murka Allah

instagram.com/fbyputrinc/

Kalau dalam dirimu ada rasa penyesalan berarti kamu takut akan murka Allah. Kau kau merasa menyesal berarti kamu percaya bahwa ada balasan dari Allah atas perbuatan dosamu kelak.

Kau kau tidak takut akan murka Allah, tidak takut akan balasan dari Allah atas perbuatan khilafmu, sudah tentu kamu tidak akan merasa menyesal telah berbuat dosa.

Beruntunglah Kalau Kau Bisa Merasa Menyesal Telah Berbuat Dosa, Itu Artinya Hatimu Tidak Mati

instagram.com/nabilahcil/

Perasaan menyesal, penyesalan memanglah tidak enak untuk dirasa, mengganggu dipikiran, tapi itu jauh lebih baik untuk kita rasakan.

Sebab itu artinya hati kita tidak mati, itu artinya jauh dalam lubuk hati kita tertanam kebaikan atau bahasa sederhananya kita masih termasuk orang yang baik, punya jiwa kebaikan.

Seandainya Dalam Diri Kita Tak Bisa Merasakan Penyesalan Niscaya Kita Akan Menjadi Orang Jahat Yang Penuh Dosa

instagram.com/nabilahcil/

Tidak bisa dibayangkan alangkah jeleknya diri kita kalau seandainya kita tak bisa merasakan penyesalan.

Hati kita akan mati, mudah menyakiti, mudah berbuat dosa dan tidak akan takut mati. Sudah barang tentu orang-orang akan mengutuk, menjahui dan membenci kita.

Penyesalan Itu Muncul Karena Ada Penolakan Dari Dalam Diri Kita Untuk Tidak Melakukan Perbuatan Dosa

instagram.com/nabilahcil/

Sejatinya perasaan penyesalan itu muncul itu karena dalam diri kita atau hati kecil kita menolak untuk melakukan perbuatan dosa dan khilaf.

Hati kita menolak, kalau kita berbuat dosa, kesalahan atau menyakiti orang lain dengan cara mengirim sinyal kegelisahan dan kesedihan, hingga kita merasa menyesal.