Penelitian: Stres Bisa Diatasi Dengan Cara Menelpon Ibu

idntimes.com

Seringkali rasa stres melanda kita semua, siapa sangka ternyata prasaan stre yang kita alami bisa di atasi dengan sangat mudah, yaitu dengan menelpon ibu.

Ternyata hubungan baik antara ibu dan anak memiliki damapk positif bagi kedua belah pihak.

Kedekatan anak dan orang tua bisa mengurangi perasaan negatif, seperti stres dan kepian.

Para peneliti menemukan, anak yang memeluk ibunya akan mendapatkan hormon oksitosin atau hormon bahagia, yang memicu perasaan enang.

Hormon ini sangat penting antara ikatan orang tua dan anak karena bisa menghilangkan stres dan bisa membangun kepercayaan.

Meski keduanya terpisah ternyata tetap bisa memberi manfaat yang poitif.

Menurut studi terbaru dari University of Wisconsin-Madison’s Child Emotion Lab, hanya dengan menelpon sang ibu ternyata hal negatif yang ada pada anak akan mudah hilang.

Studi tersebut mengungkapkan, mendengar suara ibu ditelpon bermanfaat mngurangi rasa stres dan sama halnya dengan pelukan secara langsung.

Para peneliti meminta 61 anak gadis berusia 7-12 tahun untuk menjalani tes stres rutin yang melibatkan pemecahan soal matematika rumit di depan orang asing.

Peneliti membagi peerta kedalam 3 kelompok.

Setelah merasa letih, kelompok pertama anak dikembalikan kepada ibunya mendapatkan kontak fisik dngan orang tuanya.
Kelompok kedua diberi waktu 15 menit untuk menelpon ibunya.
Kelompok ketiga, diminta menonton video dengan emosi yang netral.

Hasilnya sangat mengejutkan, peneliti menemukan anak gadis yang menelpon orang tuanya tingkat strenya berkurang hampir sama dengan mereka yang melakukan kontak fisik dengan ibunya.

Leslie Seltzer, penulis utama studi. mengatakan bahwa anak yang berintraki dengan ibunya memiliki respon hampir sama baik secara telepon atau brsentuhan secara fisik.

Lalu jika sudah tidak memiliki ibu atau tidak memungkinkan menelon ibu apakah menelpon ayah bia memberikan efek serupa?

Ternyata tidak. Sebuah temuan di Journal of Personal and Social Psychology mengungkapkan, berbicara dengan wanita bisa mengurangi rasa kesepian, memperbaiki suasana hati dari pada berbicara engan pria.

Perasaan kesepian baik bagi pria atau wanita akan berkurang setelah berbicara dengan wanita.

Penyebabnya mungkin karena wanita memilikki kemampuan alami mendengarkan dan menanggapi informasi emosional.

“Otak wanita lebih terhubung dengan keterampilan sosial dan memori, kombinasi yang sangat baik untuk menyimpan detail tentang kehidupan pribadi orang lain,” kata Kira Asatryan dari Psychology Today.