Penelitian: Risiko Kematian Semakin Meningkat Jika Kamu Punya Hutang

islamidia.com

Tak banyak yang sadar bahwa hutang memiliki efek buruk kesehatan bagi tubuh seseorang. Banyak dari mereka yang ingin memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga berusaha terlihat mewah dan memaksakan diri.

Penelitian tahun 2013 yang dilakukan oleh Northwestern University menemukan bahwa orang dewasa memiliki rasio hutang tinggi cenderung memiliki kesehatan yang lebih buruk dari yang tidak punya hutang.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Social Science and Medicine menyebutkan orang yang memiliki banyak hutang memiliki resiko lebih tinggi mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung hingga stroke. Sehingga mampu meningkatkan resiko kematian.

Banyak Hutang Mengundang Banyak Penyakit
Penelitian menggunakan data dari Longitudinal Study of Adolescent Health untuk mengetahui hubungan hutang dengan kesehatan psikologis dan psikis 8.400 orang dewasa muda dengan rentang usia 24-32 tahun.

Sebagaimana dikatakan penulis penelitian Elizabeth Sweet, Ph.D., ” terkejut melihat mereka yang muda dan sehat namun masalah hutang membuat kesehatannya terancam.

Ketika hutang lebih tinggi dibanding harta yang dimiliki maka semakin besar tingkat stres dan depresi. Kesehatan umum inilah yang akan menaikkan tekanan darah diastolik serta mengundang penyakit kardiovaskuler lainnya.

Penelitian ini bisa ditarik kesimpulan bahwa hidup dengan memiliki banyak hutang dimana-mana hidupnya tidak akan tenang.