Penelitian: Percaya Diri Meningkat dan Depresi Hilang Dengan Membaca Buku

seruni.id

Membaca buku membuat kita membuka jendela pengetahuan yang lebih luas dan tidak hanya itu, membaca buku juga bisa mengukur seberapa besar kepuasan seseorang terhadap hidup mereka.

Penelitian yang dilakukan oleh Centre for Research into Reading, Literature and Society (CRILS) di University of Liverpool mengatakan bahwa membaca buku mencegah depresi dan meningkatkan rasa peercaya diri.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr Josie Billington ini meneliti orang dewasa yang membaca buku secara teratur ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa secara emosional, sosial dan psikologis.

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri
Percobaan membaca buku dilakukan pada orang yang depresi.

Mereka diminta membaca buku selama 12 bulan, ternyata hasilnya sangat mengejutkan, kesehatan mental mereka jadih labih baik serta konsentrasi mereka semakin meningkat.

2. Berpikir Lebih Positif
Membaca buku secara teratur memiliki manfaat yang mengejutkan karena membuat kita memiliki pikiran yang positif. Membuat kita merasa lebih bahagia dengan diri kita sendiri.

Sebesar 27% pertisipan membuat perubahan baru dan positif setelah membaca buku, misal mencari pekerjaan baru, mengakhiri hubungan buruk serta pergi travelling.

Tentu bagi mereka yang tidak pernah membaca buku hidupnya kurang bahagia dan tampak kurang menyenangkan.

loading...
loading...