Penelitian: Kamu Akan Berumur Panjang Jika Memiliki Teman yang Baik

instagram.com/muslimahindonesiaid

Penelitian: Kamu Akan Berumur Panjang Jika Memiliki Teman yang Baik
Manusia itu merupakan makhluk sosial yang sama sekali tidak bisa hidup sendirian.

Siapapun orangnya pasti membutuhkan orang lain, entah itu keluarga, pasangan dan persahabatan.

Hampir semua orang memiliki lingkaran persahabatan, tapi tahukah kita bahwa sebenarnya persahabatan itu bisa mempengruhi usia.

Penelitian terbaru yang dimuat dalam Menopause, jurnal American Menopause Society, menemukan bahwa seseorang yang memiliki teman baik akan membuat umur seseorang panjang.

Peneliti dari George Mason University menganalisis lebih dari 90 ribu post-menopause perempuan selama 10 tahun bisa mengetahui seberapa berpengaruh memiliki teman terhadap penyakit kardiovaskuler.

Ketua penelitian Dr. Nancy Freeborne, menemukan bahwa hubungan pertemanan atau social support dan panjangnya usia seseorang ternyata memiliki hubungan yang erat.

Bagi wanita menopause tanpa sejarah penyakit kardiovaskuler, memiliki social network yang baik bisa menurunkan risiko kematian dari penyakit apapun.

Menerima support sosial sama halnya dengan memberikan obat untuk rasa kesepian sehingga memenuhi kebutuhan emosional dan mental seseorang dalam hal kasih sayang.

Sehingga tak heran ketika ketika seseorang memiliki banyak teman akan cepat sembuh bahkan bisa bertahan hidup lebih lama meski memiliki penyakit jika didampingi oleh keluarga dan teman-temannya.

Karena ternyata kekuatan teman baik sangat kuat hingga menentukan panjang hidupnya seseorang.