Orang Lain Boleh Menilaimu Buruk, Tapi Jangan Pernah Kamu Menilai Orang Lain Buruk

Terkadang kita risih dan sangat tidak suka tatkala orang lain menilai kita buruk, bahkan kita terkadang sangat meradang bila orang lain berburuk sangka kepada kita.

Padahal, bila dipikir secara lunak hati, untuk apa merasa risih, untuk apa marah, untuk apa tidak terima? sedangkan Allah sudah melihat dengan sangat adil setiap hal yang ada pada diri kita.

Maka seharusnya biarkan orang lain berpikir apapun tentang kita sesuai dengan pikiran mereka, kita tidak usah menggubrisnya, kita tidak usah balik menilai mereka buruk, dan biarkan Allah saja yang memberi penilaian atas kita maupun mereka.

Biarkan Orang Lain Menghinamu, Tapi Dirimu Jangan Pernah Biarkan Menghina Orang Lain

instagram.com/tata0105_28

Ingat, biarkan orang lain menghinamu sesuka hatinya, tapi dirimu jangan pernah sekalipun biarkan menghina orang lain, walau benar telah sangat sakit hatimu.

Jangan ikuti amarahmu, karena biasanya saat kamu mengikuti amarah yang sedang meradang, maka disitulah kamu bisa lebih buruk darinya.

Biarkan Orang Lain Membencimu, Tapi Dirimu Jangan Pernah Biarkan Membenci Orang Lain

instagram.com/tata0105_28

Biarkan orang lain tidak menyukaimu, atau bahkan membencimu, tapi jangan pernah biarkan a membenci orang lain, walau itu hanya perasaan sepintas saja.

Belajarlah menjadi tangguh dengan terus mengalah dari rasa ingin membalas dendam, mengalah lah kamu dari rasa ingin marah

Biarkan Orang Lain Mengecewakanmu, Tapi Dirimu Jangan Pernah Biarkan Mengecewakan Orang Lain

instagram.com/tata0105_28

Biarkan orang lain mengecewakanmu, biarkan orang lain terus membuatmu gundah, tapi jangan pernah biarkan dirimu mengecewakan orang lain.

Kamu harus mampu membidik hatimu agar selalu tangguh oleh rasa ikhlas dan memaafkan, karena jika kamu mampu senantiasa demikian, pasti kamu akan selalu Allah limpahkan kebahagiaan

Biarkan Orang Lain Merendahkanmu, Tapi Dirimu Jangan Pernah Biarkan Merendahkan Orang Lain

instagram.com/tata0105_28

Dan jika kamu direndahkan, biarkan orang lain merendahkanmu dengan sifat jumawanya, tapi jangan pernah biarkan dirimu merendahkan orang lain.

Tetaplah bersahaja dengan tidak melawan apa yang telah dia lakukan kepadamu, sungguh Allah lebih tahu balasan apa yang memang pantas untuk dirinya.

Keburukan yang Kamu Dapat Dari Orang Lain Jangan Pernah Kamu Balas Dengan Keburukan, Agar Kamu Punya Nilai di Mata Allah

instagram.com/monicaastifarika

Intinya, keburukan yang kamu dapatkan dari orang lain, jangan pernah kamu balas dengan keburukan yang sama, agar kamu selalu punya nilai lebih di mata Allah.

Jadilah kamu seorang yang mampu mengendalikan diri, yaitu dengan terus berlatih sabar dan ikhlas, meski orang lain terkadang memperlakukanmu secara tidak adil dan buruk.

Percayalah Allah bersamamu, Allah selalu memihakmu, dan Allah tidak akan pernah tinggal diam atas apa yang telah orang lain lakukan kepadamu.