Nasib Pembersih Got, Siang Melawan Bahaya, Malam Tak Bisa Tidur Dengan Istri

Deny Kurniawan yang bekerja sebagai tukang pembersih got di Kota Bekasi mendadak jadi perbincangan banyak netizen karena perjuangannya.

Seseorang memvideokan aksinya saat bekerja, dia masuk ke dalam gorong-gorong dan menceburkan diri ke dalam air hitam, kotor dan bau menyengat.

Setelah videonya viral, barulah terungkap kalau Deny mengambil pekerjaan kotor itu karena desakan ekonomi keluarga saat pandemi Covid-19 melanda.

Deny bersama tim yang beranggotakan 4 orang menamakan diri Markesot yang selalu siap jika warga meminta untuk membersihkan saluran air, mengeruk lumpur, membersihkan sampah hingga membersihkan got kotor seperti yang terekam dalam video viral itu.

Seperti dikutip dari tribunnews.com, saat video itu diambil Denny dan timnya sedang membersihkan got di Perumahan Pondok Cipta Bintara, Bekasi Barat.

Menurut dia, Deny dan tim Markesot butuh waktu hingga 6 hari got kotor di kawasan tersebut, dan hampir 1.000 karung sampah berhasil diangkut.

Risiko Pekerjaan
Meski terlihat sepele dan gampang, pekerajaan ini menurut Denny cukup berisiko, seperti ancaman bahaya terkena pecahan kaca yang tidak bisa dilihat di dalam got.

Hingga hewan mematikan juga mengancam Deny dan tim. Kadang saat sedang membersikah got, tiba-tiba ada kelabang, ular dan hewan berbahaya lainnya yang masuk ke dalam celana pekerja.

Belum lagi ketika malam hari sudah pulang ke rumah, Deny mengakut tidak bisa tidur dengan istrinya karena bau got dan gatel-gatel.

Setelah pekerjaan selesai Deny dan tim mendapat bayaran sebesar Rp 2,2 juta dari masyarakat setempat yang kawasannya telah dibersihkan.