Menurut Ahli, Ini 6 Manfaat Makan Cabai Rawit Bagi Kesehatan

liputan6.com

Apapun jika dikonsumsi secara pas dan tidak berlebihan pasti tidak makan membahayakan. Sama halnya dengan makan cabe rawit yang dianggap berbahaya, padahal memiliki manfaat.

Inilah manfaat dari mengkonsumsi cabai rawit.

1. Meringankan Nyeri Sendi dan Otot
Ternyata cabai rawit bisa menjadi obat alami rasa sakit persendian dan otot yang sakit. Capsaicin adalah bahan aktif dalam pengobatan untuk arthritis dan nyeri otot.

Studi yang dilakukan pada 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Progressive Drug Research menemukan bahan pedas mengurangi nyeri sendiri akibat osteoartritis yang dioleskan ke kulit.

2. Mengurangi Rasa Lapar
Mengkonsumsi makanan pedas bisa menurunkan nafsu makan. Studi yang dilakukan pada 2014 diterbitkan di jurnal Appetite menemukan bhawa cabai merah pedas membuat lebih kenyang dan ingin makan lebih sedikit.

Bahkan penelitian sebelumnya menunjukkan cabai adalah penguat metabolisme alami.

3. Melegakan Hidung yang Tersumbat
Capsaicin adalah obat yang ampuh untuk hidung dan sinus yang tersumbat. Karena bisa menipiskan lendir dam memungkkiinkan
drainase yang lebih baik.

Tania Elliott MD, instruktur klinis di bidang kedokteran di NYU Langone di New York, Amerika Serikat mengatakan bahwa cabai rawit dapat membantu penderita flu atau alergi.

4. Meningkatkan Sirkulasi
Kandungan capsaicin dapat meningkatkan sirkulasi dan kesehatan vaskular. Menurut makalah 2015 yang diterbitkan di Open Heart.

Para penulis mengutip dari penelitian sebelumnya mengatakan bisa membantu aterosklerosis, tekanan darah, penyakit hati berlemak, dan angina.

5. Sumber vitamin A
Menurut Kementerian Pertanian AS, cabe rawit tak hanya enak tapi juga bergizi dan mengandung vitamin A. Sedangkan vitamin A bisa melindungi penglihatan, menjaga fungsi otak dan menjaga kesehatan kulit.

Vitamin A ini merupakan antioksidan yang berfungsi mengurangi peradangan dengan melawan radikal bebas.

6. Melancarkan Pencernaan
Penelitian pada 2016 di Journal of Complementary and Integrative Medicine menunjukkan bahwa cabai bisa meningkatkan produksi cairan pencernaan dan mengirimkan enzim ke perut sehingga melancarkan pencernaan.

Meski dibutuhkan penelitian lanjutan namun cabai sangat berperan bagi kesehatan usus yang baik.