Mengatasi Depresi Bukan Dengan Piknik, Ini Cara Sederhana Menurut Peneliti

halodoc.com

Seringkali saat kita stres, depresi merasa kita butuh piknik. Namun ternyata ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan tanpa piknik.

Hal ini bisa menyapa siapa saja, maka butuh pengobatan yang mudah untuk mengusirnya.

Salah satunya adalah ritual meditasi. Karena depresi bisa muncul karena faktor keluarga, tekanan sosial bahkan hingga gaya hidup yang tidak sehat.

meditasi ternyata membawa banyak manfaat diantaranya adalah meningkatkan tidur yang lebih baik dan meredakan depresi.

Dalam studi Biologi Eksperimental 2018 di San Diego, CA, peneliti merekrut 14 pria dan wanita dengan kecemasan tinggi tetapi tekanan darah normal.

Mereka menganalisis denyut jantung peserta, tekanan darah, tekanan darah aorta dan kekuatan arteri (semua faktor yang terkait dengan kesehatan kardiovaskular) sebelum dan sesudah sesi meditasi.

“Hasil kami menunjukkan pengurangan yang jelas dalam kecemasan pada jam pertama setelah sesi meditasi, hasilnya pun menunjukkan bahwa kecemasan secara signifikan lebih rendah satu minggu setelah sesi meditasi.

Menurut penulis studi terkemuka John J. Durocher, Ph.D dilansir dari Mens Journal. apa yang membuat meditasi menjadi sederhana, menurut Rinzler, seseorang hanya perlu melakukan tiga langkah:

  • Duduklah dengan postur yang santai dan terangkat,
  • bisa di kursi
  • Lalu berikan perhatian penuh pada nafas.

Bagian yang tidak mudah adalah mencoba fokus pada nafas tanpa terjebak dengan memikrikan hal lainnya.

Mudah ternyata, tarik nafas, lagi dan lagi, latihlah pikiran untuk memikirkan masa kini bukan masa lalu atau masa depan.

Hasilnya menunjukkan bahwa sesi meditasi kesadaran tunggal dapat membantu mengurangi risiko kardiovaskular pada mereka yang memiliki kecemasan tinggi.