Memaafkan Orang Lain Memang Sulit, Tapi Cobalah Lakukan Ini Agar Lebih Mudah

instagram.com/kharis_nu_1926

Tak pernah memaafkan orang lain apalagi ketika sudah terlanjur dipecaya dan sangat menyayanginya. Masalah dalam hubungan bisa membuat berlarut-larut hingga waktu yang sangat lama.

Akan tetapi jika kita tidak memafakannya dan membuat kita memiliki dendam hanya akan membawa dampak buruk kepada kita. Meski tak mudah namun kita harus mengupayakannya agar bisa memaafkannya.

Begini caranya:

1. Tenangkan Pikiran
Ketika kamu merasa sakit hati alangkah lebih baik menenagkan hati terlebih dahulu. Renungkan bahwa manusia tempatnya salah, dia pun juga bisa melakukan kesalahan yang sama.

Tak hanya dia, kamu pun juga berpotensi bisa menyakiti dia jika ada berada disituasi yang sama.

2. Pikirkan Kabaikannya
Meskipun dia menyakitimu tentu dia pernah berbuat baik kepadamu. Hanya karena dia menyakiti sehingga semua kebaikannya terhapus, sehingga kamu harus mengingat kebaikannya juga.

Tak adil rasanya kamu hanya mengingat keburukan yang dia lakukan, sehingg abisa mengurangi rasa bencimu kepadanya.

3. Berbicara Langsung
Terlanjur sulit memaafkan orang lain sehingga malas bertemu, padahal cara terbaik adalah dengan menemui orang tersebut dan berbicara secara langsung kepadanya.

Sehingga hatimu akan mudah luluh dan bisa melupakan kesalahannya.

4. Berterus Terang
Berterus terang untuk menyatakan perasaan bencimu mungkin akan mendapatkan respon negatif namun kamu harus mengatakan bahwa kamu sakit hati karena sikapnya.

Jelaskan agar kamu pun bisa memaafkannya dan tidak mengungkit masalahnya lagi.

5. Merelakan
Semua hal yang sudah trjadi tidak bisa dikembalikan lagi, baik itu perbuatan atau ucapan. Sehingga kamu harus belajar untuk merelakan dan mengikhlaskan semua yang pernah ia lakukan.

Semakin kamu membenci justru akan menyakiti dirimu sendiri.