Media Sosial Bisa Merusak Hubungan, Ini 5 Dampak Buruknya

idntimes.com

Kehidupan manusia tidak bisa terlepas dari sosial media, semua orang seolah-olah berlomba-lomba memperlihatkan momen kebersamaan bersama pasangan, keluarga maupun sahabat.

AKan tetapi ternyata sosial media memiliki efek yang buruk terhadap hubungan, ini diantaranya:

1. Sosial Media Bisa Membuat Ekspektasi Berlebihan
Gambaran couple goals yang begitu banyak di media sosial membuatmu berlebihan dalam berekspektasi bahwa pasanganmu bisa melakukan hal yang sama.

Dilansir Mind BodyGreen, Chamin Ajjan, Sex and Behavioral Therapist, mengatakan bahwa perasaan ini bisa menyebabkan kecewa dan kesa kepada pasangan.

2. Meningkat Rasa Cemburu Kepada Pasanganmu
Penelitian yang diterbitkan Jurnal Psikologi Amerika, menunjukkan bahwa penggunaan media sosial bisa meningkatkan kecemburuan dan ketidakpuasan dalam hubungan.

Kamu pun akan sering stalking dan mengawasi sosial media pasangan.

3. Meningkatkan Pertengkaran Jika Menggunakan Sosial Media Berlebihan
Dalam jurnal yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information Amerika tahun 2013, pasangan yang menjalin hubungan kurang dari tiga bulan ternyata kerap menggunakan media sosial.

Banyak terkena konflik yang disebabkan media sosial.

4. Bisa Menganggu Quality Time Dengan Pasangan
Dampak negatif sosial media bisa menganggu quality time dengan pasangan. Apalagi jika sibuk bermain hp padahal seharusnya fokus pada pasangannya.

5. Berdampak Pada Kesehatan Mental
Sosial media bisa menggunakan koneksi dengan seseorang yang jauh, namun penelitian justru menghubungkan sosial dengan kesepian, gangguan suasana hati dan menyebabkan rendahnya harga diri.

Mereka yang dekat terasa jauh karena terlalu sibuk dengan sosial medianya.