Maafkanlah Siapapun yang Telah Menyakitimu, Sungguh Hidup Tanpa Kebencian Itu Amatlah Damai

  • 5.9K
    Shares

Memberi maaf kepada orang yang telah menyakiti kita tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan, tapi satu hal yang perlu kita tahu, bahwa rasa sakit yang didiamkan bersamaan dengan rasa benci akan menimbulkan kegalauan.

Mengapa? Karena yang membuat kita sakit tak henti-hentinya itu bukan karena dia yang menyakiti terlalu kejam, tapi karena hati kita yang tak bisa memaafkan.

Maka, belajarlah memaafkan orang yang telah melukaimu, sebelum luka itu menjadikan hidupmu semakin rumit.

Berusahalah Menjadi Pemaaf, Terlebih Pada Dia yang Sengaja Menyakitimu

instagram.com/sanatirahmi06_

Jadilah pemaaf untuk hal-hal yang menyakitkan, terlebih dia yang sengaja menyakitimu. Balaslah ia yang memang sering menyakitimu dengan kebaikan, sulit?

Ikhlas dalam memberi maaf kepada yang menyakiti itu memang sangatlah tidak mudah, tapi percayalah saat kamu berlaku demikian pasti akan ada balasan luar biasa dari Allah

Ketahuilah, Menyimpan Dendam Lama-lama Itu Hanya Akan Membuat Hatimu Terluka Lebih Lama

instagram.com/sanatirahmi06_

Lantas ketahuilah wahai diri, menyimpan dendam lama-lama itu hanya akan membuat hatimu terluka lebih lama, maka lebih baik maafkan saja dia yang menyakitimu.

Tundukkan hatimu, sjangan selalu menyalahkan orang yang telah menyakitimu, meski benar dia telah berlaku tidak pantas tapi kamu harus mampu memerangi egomu agar tetap bisa bersabar.

Mustahil Manusia Tidak Punya Salah, Sebab Itulah Mengapa Kamu Harus Rendahkan Hatimu Untuk Ikhlas Memberi Maaf

instagram.com/sanatirahmi06_

Bertindaklah bijak menghadapi orang yang menyakitimu, jangan membenci dan jangan juga mendendam, agar lukamu tak berkelanjutan.

Belajar memaafkan, sesakit apapun rasa sakit yang mengkoyak hatimu, kau harus sadar bahwa musahil manusia tak punya salah, sebab itulah mengapa kau harus rendahkan hatimu untuk ikhlas memberi maaf.

Allah Saja Maha Pengampun Lagi Maha Pemaaf, Masak Kamu Sebagai Hambanya Tidak?

Karena Allah saja yang merajai dunia dan seisinya maha pengampun lagi maha pemaaf, masak kau sebagai hambanya tidak? Apa yang mau kau sombongkan? Sedangkan kau bukan apa-apa tanpa kekuatan dari Allah.

Maka, saat ada orang yang menyakitimu tetaplah bersabar dan tenang, tidak usah berniat untuk membalasnya, karena pasti rasa sakitmu Allah yang akan membalaskannya, dan kau harus percaya pada kebesaran Allah.

Pasrahkan Saja Semuanya Kepada Allah, Karena Itu Lebih Baik dan Akan Membuatmu Lebih Tenang

instagram.com/sanatirahmi06_

Maka, jika orang lain membuatmu marah dan kecewa maafkanlah, kamu tidak usah berbuat apa-apa, pasrahkan saja kepada Allah, sebab Allah selalu adil dalam memberi pembalasan.

Allah akan membalas rasa sakit yang kau rasakan saat ini, maka kamu tidak usah bersusah-susah mengkotori hatimu dengan kebencian dan dendam, sebab ketidak bisaanmu memberi maaf.

Lagipula saat kamu pasrahkan semuanya kepada Allah dengan lapang dada, maka disitulah hidupmu akan senantiasa tenang, meski orang lain pernah menyalahi ketenanganmu.