Ketika Sibuk Bekerja, Kamu Harus Melakukan 7 Jenis Istirahat Ini

tribunnwes.com

Pekerjaan seringkali membuat seseorang lupa untuk beristirahat, padahal bekerja dengan banyak tekanan membuat seseorang kehilangan banyak energi.

Menerapkan istirahat kepada diri sendiri harus dilakukan agar tubuh seperti diisi ulang serta membuat kita lebih sehat, bugar dan segar.

Menurut dokter penyakit dalam Saundra Dalton-Smith MD, Istirahat bukanlah tidur, karena istirahat adalah aktivitas restoratif.

Dokter Dalton-Smith mengategorikan beberapa tipe istirahat yang harus disesuaikan dengan kebutuhan seseorang.

1. Istirahat Kreatif
Jenis istirahat ini dilakukan agar menginspirasi dan memotivasi. Lakukan dengan cara keluar rumah dan berjalan di alam adalah pilihan terbaik.

2. Istirahat Mental
Dunia bukan hanya soal pekerjaan. Saat pikiranmu kacau maka kamu harus bisa menenangkan pikiranmu dan lebih fokus pada hal yang penting saja.

Dahulukan dirimu sendiri dan lepaskan apapun yang selama ini membebani. Lakukan meditasi bisa dengan cara berlari atau meditasi.

3. Istirahat Fisik
Istirahat fisik harus dilakukan, lakukan peregangan otot dan ketegangan tubuh yang bisa meningkatkan kualitas tidur.

Lakukan kegiatan fisik yang bisa memulihkan kondisi tubuh. Bisa dengan peregangan, relaksasi atau sekedar jalan-jalan diluar sehingga bisa meredakan stres dan semua nyeri dibadan.

4. Istirahat Sosial
Terlalu sibuk dengan dunia sendiri membuat semakin berjarak dengan keluarga dan kerabat.

Istirahat sosial ini dengan cara menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabat dan orang terdekat.

5. Istirahat Emosional
Semua orang perlu menjadi dirinya sendiri, perlu mengistirahatkan emosi, jika ingin menangis menangislah, jika ingin berbahagia dengan melakukan sesuatu lakukanlah.

6. Istirahat Sensorik
Sempatkanlah untuk me-time agar terhindar dari segala kebisingan. Buat dirimu serilkes mungkin, buatlah semua indramu benar-benar rileks agar kembali menyegarkan.

7. Istirahat Spiritual
Lakukan istirahat spiritual agar semakin dekat dengan sang pencipta. Juga lihat kesedihan didalam diri sendiri, lingkungan sekitar dan orang lain.