Ketahuilah, Mengeluh Adalah Awal Kesedihan dan Bersyukur Adalah Awal Kebahagiaan

  • 2K
    Shares

Bijaksanalah mengkondisikan hatimu, jangan sampai ia selalu hidup dengan eluhan, karena sungguh mengeluh adalah awal dari kesedihan yang mendalam.

Begitu juga sebaliknya, bersyukurlah! karena hati yang selalu hidup dengan syukur akan selalu merasakan kebahagiaan, kedamaian, dan ketenangan, tidak peduli seburuk apa takdir yang telah Allah tetapkan.

Untuk itu, hindari eluhan dan banyak-banyaklah bersyukur, karena semakin kamu bersyukur maka akan semakin nyata kebahagiaan yang akan kamu rasakan.

Bahagia Atau Tidaknya Kamu Tergantung Dirimu. Jika Kamu Bersyukur Maka Kamu Akan Bahaga, Jika Kamu Mengeluh Maka Kamu Akan Bersedih

instagram.com/fidahazizah

Karena sungguh bahagia atau tidaknya dirimu sebenarnya tergantung seberapa bijak kamu mengkondisikan hatimu dengan rasa syukur.

Lantas sederhana sana, jika kamu bersyuku maka kamu akan merasa bahagia, tetapi jika kamu mengeluh maka pasti kesedihan mendalam akan kamu rasakan.

Kondisikanlah Hati Untuk Tidak Mengeluh, Tidak Terkecuali Dalam Keadaan yang Sangat Menyulitkan Sekalipun

instagram.com/fidahazizah

Maka kondisikanlah hati untuk tidak pernah mengeluh, meski keadaan sangat tidak memungkinkan untuk baik-baik saja.

Tetaplah bijaksana menjaga hati, tidak terkecuali dalam keadaan yang sangat menyulitkan sekalipun, karena kesulitan akan sirna jika kamu mampu menerimanya dengan rasa syukur yang memadai.

Sungguh Kesedihanmu Akan Bertambah Besar, Tatkala Kamu Hidupkan Hatimu Dengan Sebuah Eluhan yang Tiada Henti

instagram.com/fidahazizah

Karena sungguh ksedihanmu akan bertambah besar menyiksa batin tatkala kamu hidupkan hatimu dengan sebuah eluhan yang tiada henti.

Untuk itu, sesedih apapun keadaanmu tetap hindarilah eluhan, jangan sampai ia semakin menyulitkanmu dan mengajakmu untuk melupakan kebesaran Allah.

Perangi rasa sulit itu dengan rasa syukur, karena bagaimanapun takdir buruk yang ditimpakan-Nya akan selalu membuatmu baik-baik saja tatkala kamu bersyukur.

Kamu Akan Merasa Baik-Baik Saja Dalam Kesedihanmu, Tatkala Syukur Selalu Menjadi Andalanmu

instagram.com/fidahazizah

Iya, kamu akan selalu merasa baik-baik saja dalam kesedihanmu, dalam kesusahanmu, tatkala rasa syukurmu kepada Allah selalu menjadi andalanmu untuk bertahan.

Jadi pupuklah rasa syukurmu kepada Allah dengan tiada henti, karena sungguh keadaanmu akan senantiasa membaik jika kamu selalu pandai untuk bersyukur.

Bersyukurlah Dalam Keadaan Seperti Apapun, Agar Kamu Tak Pernah Tahu Caranya Bersedih

instagram.com/fidahazizah

Karenanya, bersyukurlah dalam keadaan seperti apapun, agar kamu tidka pernah tahu caranya bersedih tatkala kisah buruk atau takdir tidak mengnakkan Allah timpakan kepadamu.

Bersyukurlah meski benar kamu dalam keadaan yang sangat buruk sekalipun, karena sungguh kamu akan tetap kuat dalam kesabaran dan keikhlasan tatkala kamu pupuk hatimu dengan rasa syukur yang selalu memadai.