Kau Tidak Punya Kewajiban Untuk Memberikan Penjelasan Apapun Tentang Dirimu Pada Siapapun

  • 2.1K
    Shares

Dalam hidup pasti akan selalu saja ada orang yang nyinyir, mencurigai, penasaran dan hal-hal lainnya yang terkesan penasaran atau bahkan terkesan ingin ikut campur dalam hidup orang lain.

Entah itu karena kamu yang tak segera menikah, tidak segera punya anak, tidak punya pekerjaan yang bagus dan segala macamnya yang tentunya terasa menyakitkan bagimu.

Kau Tak Perlu Menjelaskan Mengapa Kau Belum Menikah Sampai Sekarang

instagram.com/sefirameyda/

Ingatlah selalu bahwa kau tak punya kewajiban untuk menjawab ataupun menjelaskan apapun yang terjadi padamu pada orang lain.

Termasuk mengapa hingga kini kau masih terlihat nyaman sendiri dan masih belum ada keinginan untuk menikah.

Soal pernikahanmu biarkan kamu sendiri dan keluargamu yang tau orang lain tak perlu tau meski bertanya.

Kau Juga Tidak Perlu Menjelaskan Mengapa Memilih Pekerjaan Yang Sekarang Kamu Lakukan Dan Meninggalkan Apa Yang Kata Mereka Enak

instagram.com/sefirameyda/

Kau juga tidak punya kewajiban untuk menjelaskan mengapa masih belum bekerja atau pekerjaan apa yang sedang kamu lakukan saat ini.

Yang terpenting kamu mengerjakan sesuatu yang benar, yang halal dan tentu tidak merugikan orang lain. Selebihnya kau tak perlu peduli pada apa yang orang lain pikirkan tentang pekerjaanmu.

Kau Juga Tidak Perlu Menjelaskan Mengapa Belum Punya Keturunan Padahal Sudah Sejak Lama Menikah

instagram.com/sefirameyda/

Kalau kau sudah menikah tapi belum juga memiliki keturunan, sudah pasti banyak orang yang bertanya dan membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain yang baru nikah, tapi sudah punya anak.

Kalau kau belum menikah bersiap-siaplah menerima pertanyaan menyakitkan itu. Kau tak perlu menjelaskan mengenai keadaanmu itu, karena yang memberikan kehidupan itu Allah bukan kamu dan pasanganmu.

Tidak Usah Menjelaskan Apapun Tentang Dirimu, Meski Mereka Bertanya Dengan Penuh Perhatian

instagram.com/sefirameyda/

Ingatlah selalu bahwa kau tak harus dan tak punya kewajiban apapun untuk menjelaskan tentang apapun yang terjadi dan yang kamu rasakan pada orang lain.

Bahkan sekalipun mereka bertanya dengan penuh perhatian, karena kau tak pernah tau sejauh mana mereka akan selalu peduli dan sanggup menyimpan keresahanmu.

Banyak Orang Hanya Sekedar Ingin Tahu, Bukan Karena Ingin Membantu, Bahkan Kadang Malah Menyebarkannya Sebagai Aibmu

instagram.com/sefirameyda/

Kenyataannya semua orang itu pada dasarnya selalu ingin tau pada apa yang dirasakan dan dialami orang lain, ada yang benar-benar bertanya karena peduli dan ingin membantu.

Namun ada juga yang hanya sekedar penasaran untuk kemudian dijadikan sebagai bahan gosip ketika berkumpul dengan teman-temannya.