Kamu Harus Tahu, Ini 7 Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

orami.co.id

Memiliki wajah yang halus dan bening merupakan dambaan para wanita, meski pada dasarnya banyak masalah yang terjadi pada wajah, seperti munculnya flek hitam.

Adanya flek hitam pada wajah tidak hanya disebabkan oleh sinar matahari tapi ada beberapa faktor, penasaran apa saja? yuk intip.

1. Penggunaan Kosmetik yang Kurang Cocok
Meski tidak semua namun beberapa kosmetik mengandung bahan kimia tertentu yang dapat memicu melanocyte yang memproduksi melanin dimana hal ini berakibat kulit wajah jadi sensitif terhadap sinar matahari.

2. Kurang Asupan Vitamin
Pastinya banyak yang tahu behwasanya vitamin memiliki peran penting dalam kesehatan wajah, jangan lupa untuk mendapatkan asupan vitamin B12, K, dan juga vitamin E untuk mencegah flek hitam.

3. Polusi Udara
Flek hitam juga di sebabkan dari polsi udara yang menyebabkan iritasi kulit, menimbulkan inflamasi, serta merusak lapisan kulit sehingga memicu muncunya flek hitam pada wajah.

4. Pengaruh Hormonal
terkadangn pengaruh hormonal yang menyabbkan noda hitam seperti hormon estrogen, progesteron, dan MSH atau melanin stimulating hormon.

Biasanya hal ini terjadi pada wanita yang sedang hamil dan membuat noda hitam muncul, mka dari itu jangan lupa rutin pakai sunscreen.

5. Paparan Sinar Matahari
Pada dasarnya kuli wajah memang butuh perlindungan dari paparan sinar matahari, karena selain masalah lainnya masalah flek hitam juga di akibatkan oleh paparan sinar matahari.

Maka dari itu pengunaan sunscreen dengan rutin sangat di anjurkan untuk melindungi kulit wajah ketika kamu beraktivitas diluar ruangan.

6. Faktor Genetik
Flek hitam juga bisa disebabkan dari faktor ginetik, biasanya orang yang memiliki faktor ini cendurung memiliki penyakit di dalam tubuhnya.

Seperti melasma yang diakibatkan alergi ringan, paparan sinar matahari, maupun perubahan hormon.

7. Bekas Jerawat yang Susah Hilang
Biasanya bekas jerawat yang susah hilang menjadi flek hitam yang sangat enganggu penampilan, tapi kamu bisa mengatasinya dengan krim yang mengandung hydroquinone, vitamin C, atau kojic acid bisa jadi pilihan.