Kalau Tidak Suka Jangan Dilihat, Kalau Tidak Tahu Jangan Bicara, Kalau Tidak Paham Jangan Berkomentar

Terkadang apa-apa yang disuguhkan oleh beranda media sosial kita menguji hati, ntah itu kadang berkomentar atau berburuk sangka.

Pernah? semuanya pasti pernah mengalami ini, siapapun yang mainannya sama dunia maya pasti akan dipertemukan dengan hal-hal yang demikian.

Tetapi intinya, apapun yang kamu temui di media sosial, jika tidak suka maka jangan dilihat, jika tidak tahu jangan bicara, kalau memang tidak paham tidak usah berkomentar.

Jagalah Mata, Lisan, dan Jarimu Baik-baik, Tatkala Melihat Kehidupan Orang Lain yang Hanya Sekelas Saja

instagram.com/irennakristyn

Diam saja, jagalah matamu, lisanmu, dan jari jemarimu dengan baik, tatkala melihat kehidupan orang lain yang sepertinya nampak keburukannya, tidak usah luangkan waktu berkomentar buruk.

Penglihatan yang tersajikan sekilas saja itu kadang menipu mata, kadang pula ada yang memang tersuguhkan sudah disajika dengan beragam fitnah, dan kamu tidak boleh percaya begitu saja.

Jika Ada Hal Buruk yang Kamu Lihat Darinya, Jangan Sok Berkomentar Buruk, Jagalah Pikiranmu Dengan Sebaik Mungkin

instagram.com/irennakristyn

Jika memang ada hal buruk yang kamu lihat darinya, aibnya atau apalah yang buruk-buruk tentangnya, janganlah engkau men-judge begitu saja, pahamilah apa yang sebenarnya terjadi kepadanya.

Jagalah pikiranmu dengan sebaik mungkin, tidak boleh berpikiran butuk, dan tidak boleh berpikiran seakan-akan kamu lebih sempurna dari-Nya.

Apa yang Kamu Lihat Terkadang Tidak Selaras Dengan Kenyataannya, Bisa Jadi Kamu Salah Dalam Menafsirkan

instagram.com/irennakristyn

Karena apa yang kamu lihat terkadang tidak selaras dengan kenyataannya, apa yang kamu lihat kadang tidak sesuai dengan kebenaran yang ada, bisa jadi kamu salah dalam menafsirkan.

Sebab manusia kan kadang begitu, terlalu emosional dengan apa yang dia lihat, sehingga mengabaikan kenyataan yang sebenarnya.

Jika Tidak Tahu Apa-apa Tentangnya Maka Diamlah, Agar Kamu Tidak Terjerumus Dalam Dosa Besar Seperti Fitnah

instagram.com/irennakristyn

Lantas jika memang tidak tahu apa-apa tentangnya cukuplah diam saja, jangan banyak berpikir yang aneh-aneh atau yang buruk-buruk, agar kamu tidak pernah terjerumus dalam dosa besar seperti fitnah.

Kamu Harus Mampu Mengendalikan Dirimu, Jangan Berbuat Sesuatu yang Akan Merugikanmu Nanti

instagram.com/irennakristyn

Intinya kamu harus mampu mengendalikan dirimu, kamu harus mampu mengendalikan egomu, jangan berbuat sesuatu yang akan merugikanmu nanti.

Tahan mata, lisan, pikiran, dan jari-jari berbuat sesuatu yang akan menghinakanmu di depan Allah, jangan sampai ketidak tahuanmu mengendalikan diri membuatmu menjadi orang yang merugi. Na’udzubillah