Jika Tak Suka Dengan Postingan Orang Lain Tak Usah Memaki, Cukup Tinggalkan Saja!

Pernah tidak kamu merasa jengkel dengan postingan orang lain yang menurutmu itu buruk dan tidak pantas? lalu kamu termasuk yang mana? yang suka ikut nimbrung di lapaknya atau yang bodoh amet dengan postingannya?

Jika kamu termasuk yang suka usil nimbrung tidak jelas maka mulai dari sekarang perbaiki diri dengan mengendalikan jarimu untuk tidak ikut campur dengan postingan yang menurutmu buruk.

Jika memang kamu tidak suka dengan postingan orang lain yang menuurtmu buruk, tidak pantas, janganlah kamu memaki dan berkata buruk, cukup tinggalkan saja, karena itu lebih baik bagimu.

Kamu Tidak Boleh Mengotori Hatimu Hanya Karena Kamu Tidak Suka, Abaikan Saja Dengan Tidak Melihatnya

instagram.com/cut.intannabila

Intinya kamu tidak boleh mengotori hatimu dengan kebencian dan makian, hanya karena kamu tidak suka atau kamu anggap postingan orang lain tidak berfaedah, cukup abaikan saja dengan tidak melihatnya.

Terlanjur Melihat? Istighfar Agar Tidak Berpikiran yang Aneh-aneh, Kamu Harus Pandai Mengendalikan Dirimu

instagram.com/cut.intannabila

Bagaimana untuk pura-pura tidak melihat, jika terkadang terlanjur melihat? apalagi jika postingan itu berupa sindiran dan semacamnya?

Istighfarlah, baca istighfar jika hatimu mulai mendidih dengan ketidak terimaan, agar kamu pun tidak berpikiran yang aneh-aneh, kamu harus pandai mengendalikan dirimu dikala sedang emosi.

Kadang Dosa Hadir Tidak Disengaja, Misal Kamu Mendongkol Tidak Jelas Sebab Postingan yang Tidak Cocok Menurutmu

instagram.com/cut.intannabila

Karena dosa itu kadang hadir tidak disengaja, buktinya saat melihat postingan orang lain yang menurut kita tidak baik dan menyakitkan, saat itu pula kita kadang sangat jengkel dan mengumpat dengan kata-kata jelek.

Oleh karenanya, kamu yang terbiasa ikut campur pada postingan orang lain, hentikan kebiasaan tersebut, jika tidak berfadah bagimu dan orang lain, karena kedongkolan hati yang tidak jelas bisa-bisa mengundang keburukan yang lain.

Jangan Mempersibuk Dirimu Dengan Hal yang Tidak Penting, Kamu Selalu Punya Pilihan Untuk Meninggalkannya

instagram.com/cut.intannabila

Intinya jangan mempersibuk dirimu dengan hal yang tidak penting, bukankah memaki dan melayani postingan orang lain yang buruk itu sesuatu yang sia-sia? maka kamu harus pandai mengendalikan hatimu, kamu pun selalu punya pilihan untuk mengabaikan atau meninggalkannya.

Bersifatlah Masa Bodoh Jika Benar Postingan Itu Menyindirmu, Sabarlah Allah Tahu Bagaimana Dirimu yang Sebenarnya

instagram.com/cut.intannabila

Jadi bersifatlah masa bodoh jika sewaktu-waktu kamu melihat postingan orang lain yang seakan menyindir atau buruk menurutmu, sabar saja dengan semua itu, toh Allah tahu bagaimana dirimu yang sebenarnya.

Allah tahu perbuatan setiap hamba-Nya, maka tidak usah terlalu sibuk ngurusi sesuatu yang tidak penting seperti halnya postingan orang-orang jahil di media sosial.