Jika Mertua Ingin Meminjam Uang, Lakukanlah 4 Hal Ini

Ketika menikah kita akan mempunyai mertua yang hidup bersama kita. Pada dasarnya, tidak ada mertua yang ingin merepotkan menantunya.

Akan tetapi tak sedikit mertua butuh bantuan menantu dari segi finansial.
Membantu mertua dalam hal keuangan harus dengan persetujuan dari pasangan.

Bukan langsung memberikan pinjaman sebab pasangan perlu menilai dan menganallisa kondisi keluarganya sebelum mengabulkan permintaan mertua.

Menganalisa kebutuhan rumah tangga tercukupi atau belum, bahkan apakah alasan mertua meminjam uang karena sangat membutuhkan.

Inilah beberapa pertimbang  jika mertua ingin meminjam uang dengan ulasan berikut ini:

1. Diskusi Dengan Pasangan
Diskusikan dulu dengan pasangan persoalan mertua berkeinginan meminjam uang agar tidak terjadi salah paham nantinya.

Bila tak ingin meminjamkannya usahakan meminta pendapat anak kandung kerena ia pasti lebih mengenali karakter orangtunya sendiri sebagai jaga-jaga terjadi perdebatan kebelakang.

2. Alasan Meminjam Uang
Nilai dengan seksama mengapa mertua butuh pinjaman uang. Apakah untuk keperluan yang tak penting atau memang untuk kebutuhan premer yang sangat mendesak.

Atau mungkin mertua memang suka shoping dan suka belanja yang kurang penting kita perlu meneliti dengan juga berdiskusi dengan anak kandungnya sendiri.

3. Menyiapkan Anggaran
Mertua boleh meminjam uang pada menantu. Dan pinjaman tadi tidak harus diberikan sesegera mungkin. Kita juga bisa meminta anggran waktu dalam memenuhi permintaannya.

Langkah seperti iti sangat baik jika sekiranya kita tak mempunyai cukup dana dalam memberikan bantuan padanya.

Kita bisa menabung dan mengumpulkan uang untuk memberikan bantuan pada mertua setelah uang terkumpul dan cukup untuk diberikan.

4. Menolak JIka Tak Mampu Membantu
Jika kondisinya memang tidak memungkinkan untuk membantu keuangan pada mertua maka sampaikan keadaan yang sejujurnya bahwa kita masih belum bisa membantunya  secara finansial.

Dalam menolak, berikanlah bahasa yang sangat santun dan berikan doa agar masalahnya teratasi.

Karena jika sebenarnya kita tak ada dana untuk membantu mertua dan memaksakan diri maka kita sendiri yang akan menyesal di kemudian hari.

Jujurlah tak  perlu sungkan membuat mertua kecewa dengan keadaan yang sejujurnya dalam keluarga kita.