Jika Kau Rasa Hidupmu Tak Begitu Bermanfaat Untuk Orang Lain, Setidaknya Jangan Menjadi Mudharat Baginya

  • 4
    Shares

Jika kamu merasa bahwa hidupmu tidak begitu bermanfaat untuk hidup orang lain, maka setidaknya kamu tidak menjadi mudharat bagi hidup mereka.

Sebab, tak sedikit dari kita yang enggan melakukan kebaikan terhadap sesama, tetapi tanpa sadar kita kadang menjadi penghalang agar orang lain pun tidak melakukan kebaikan.

Jangan Menjadi Penghalang Bagi Mereka Yang Ingin Berbuat Baik, Bila Kamu Sendiri Tidak Mampu Berbuat Baik

Cinta Fisabilillah via youtube

Iya, Jika kamu merasa tidak menjadi seorang yang menyebabkan orang berbuat kebaikan maka jangan menjadi penghalang dari mereka yang ingin berbuat demikian.

Tetaplah jaga hatimu untuk tidak mempunyai perasaan agar orang lain sama denganmu, bila tidak maka kamu akan senantiasa hanya sibuk dengan keburukan.

Boleh Saja Kamu Tidak Melakukan Kebaikan Terhadap Sesama, Tetapi Jangan Sampai Ketidak Bisaanmu Menjadi Jalan Agar Orang Lain Tak Berbuat Kebaikan Pula

Cinta Fisabilillah via youtube

Boleh saja kamu tidak melakukan kebaikan terhadap sesama, tidak mau menolongnya lebih, tetapi jangan sampai ketidak bisaanmu membantu malah menjadi jalan agar orang lain tidak berbuat kebaikan pula.

Sebab tidak sedikit dari kita yang enggan melakukan kebaikan, tetapi juga menjadi kompor agar orang lain tidak pula melakukan kebaikan.

Contohnya disaat kita benci seseorang, kadang kita tanpa sadar menularkan kebencian kita terhadapnya, sehingga ia pun tak bisa melakukan kebaikan sebagaimana mestinya.

Jika Kamu Tidak Mampu Menyibukkan Diri Dengan Kebaikan, Maka Setidaknya Kamu Tidak Menjadi Perantara Untuk Orang Lain Berbuat Keburukan

Cinta Fisabilillah via youtube

Maka, jika kamu memang tidak mampu menyibukkan diri dengan kebaikan, setidaknya kamu tidak menjadi perantara untuk orang lain agar berbuat keburukan.

Pandailah membijakkan hatimu, dan ingatlah bahwa setiap tindakanmu, diammu, dan niatmu selalu Allah lihat dengan sempurna.

Bila Memang Sangat Tidak Mampu Untukmu Melakukan Kebaikan, Setidaknya Diammu Bisa Mendatangkan Kebaikan

Cinta Fisabilillah via youtube

Bila memang sangat tidak mampu untukmu melakukan kebaikan, maka setidaknya diammu bisa mendatangkan kebaikan.

Contohnya, saat kamu tidak bisa menggerakkan lisanmu untuk memperdengarkan kebaikan terhadap orang lain, maka sudah sepantasmu kamu bijakkan lisanmu untuk diam.

Jangan Karena Kamu Belum Sempat Melakukan Kebaikan, Lantas Kamu Menjadi Penghambat Bagi Orang Lain Untuk Melakukan Kebaikan

Cinta Fisabilillah via youtube

Jangan sampai karena kamu belum sempat melakukan kebaikan, lantas kamupun menjadi penghambat bagi orang lain untuk melakukan kebaikan.

Sebab tak sedikit dari kita kadang berbuat demikian, contohnya disaat teman kita hendak shalat diawal waktu, kadang kita pura-pura berkata “Udah jam berapa, kok sudah mau shalat?” hanya karena kita fikir waktu shalat masih panjang.

Padahal sebenarnya kita sudah tahu shalat diawal waktu itu adalah yang paling utama, tapi kadang malas saja.