Jangan Suka Manilai Orang Lain Dengan Penglihatanmu yang Sekilas Saja, Bisa Jadi Kamu Salah Dalam Melihat

Siapa nih yang begini, suka keo terhadap kehidupan orang lain, setiap hal yang nampak dalam diri orang lain dikomentarin tidka jelas, lebih-lebih yang memang dendam kusumat, pasti hal benar saja dianggapnya salah.

Maka dari itu, mulai dari sekarang kendalikan hati dan pikiranmu, jangan suka menilai orang lain dengan penglihatanmu yang sekilas saja, karena bisa jadi apa yang kamu lihat tidak sesuai dengan kenayataannya.

Jangan Megiyakan Suatu Cerita yang Ketika Kamu Meihatnya Masih Ragu-ragu Antara Salah dan Benar

instagram.com/alfdns

Jangan suka mengiyakan sesuatu yang meski kamu melihatnya masih ragu-ragu antara hal tersebut salah dan benar, karena bisa jadi keputusanmu dalam berkaata “iya” dapat menghantarkanmu pada jalan hina menuju neraka, karena tanpa sengaja kamu menfitnah.

Kelak Semua Akan Dipertanggung Jawabkan Dihadapan-Nya, Maka Pastikan Kamu Tidak Sembarangan Menilai

instagram.com/alfdns

Sungguh kelak semua akan dipertanggung jawabkan dihadapan-Nya, semua yang keuar dari mulutmu akan Allah pertanyakan benar tidaknya, dan kamu pasti akan berkata jujur dengan sendirinya, maka pastikan kamu tidak sembarangan menilai.

Fitnah Itu Kadang Beda Tipis Dengan Sok Tahu, Maka Jangan Mengabarkan Sesuatu yang Kamupun Tidak Benar-benar Tahu

instagram.com/alfdns

Apalagi pada kenyataannya fitnah itu kadang memang beda tipis dengan sok tahu, maka jangan sampai kamu mengabarkan sesuatu yang kamu sendiri pun tidak benar-benar tahu dengan jelas apa pokok permasalahannya, lebih-lebuh tentangnya yang hanya kamu lihat dari telingamu.

Biarlah Allah yang Menilai, Kamu Tidak Perlu Banyak Berkomentar dan Menjudge Orang Lain Bersalah

instagram.com/alfdns

Tidak usah rempong ikut campur urusannya orang lain, biarlah Allah yang menilai, biarlah Allah yang memberi balasan untuknya, jika memang benar dia bersalah.

Kamu tidak perlu banyak berkomentar dan menjudge orang lain bersalah, apalagi sampai mengiyakan dibanyak cerita ke orang-orang.

Kondisikan Saja Hatimu Tetap Bersih dan Tidak Berburuk Sangka, Jangan Pernah Mengungkap Cerita Hanya Sekedar Sangkaanmu Saja

instagram.com/alfdns

Intinya adalah keondisikan hatimu tetap bersih dan tidak berburuk sangka kepada siapapun yang nampaknya tengah melaukan salah, serta jangan pernah mengungkap cerita hanya sekedar sangkaanmu saja.

Berhentilah sok tahu memberi penilaian kepada manusia lainnya, jangan sibuk-sibuk berkata tidak jelas tentang orang lain, karenabisa jadi itulah yang akan menghantarkanmu pada pintu neraka-Nya.