Jangan Menyalahkan Siapapun di Dunia Ini, Karena Orang Paling Jahat pun Bisa Memberimu Pelajaran Berharga

  • 1
    Share

Semua orang pasti tidak terima ketika dikhianati, dibohongi, atau bahkan ditipu. Tetapi setidak terima apapun hatimu dengan dia yang telah mendzalimimu, tetap saja kamu harus bisa mengendalikan hatimu dengan bijaksana.

Jangan biarkan hatimu terus-terusan mendongkol dengan amarah dan kebencian. Jangan pula menyalahkannya, karena orang paling jahatpun bisa memberimu pelajaran berharga.

Maknailah Setiap Pertemuan, Terlebih Saat Bertemu Dengan Orang Baik. Pastikan Kamu Meneladani Kebaikannya

instagram.com/viratandia

Namun ketika kamu dipertemukan dengan dia yang akhlaq dan budi pekertinya baik, maka jadikanlah moment itu untukmu bisa belajar banyak hal darinya.

Maknailah pertemuanmu dengannya, dengan memastikan dirimu meneladani kebaikan yang ada dalam dirinya.

Sebaliknya, Jangan Mengeluh Saat Bertemu Dengan Seseorang yang Buruk, Karena Dari Dialah Kamu Memiliki Pegalaman Berharga

instagram.com/viratandia

Lalu ketika sebaliknya, saat kamu bertemu dengan orang yang buruk dan berniat aniaya kepadamu, maka jangan gegabah amarah dan membenci, meski benar kamu sangat tidak menyukainya.

Kamu harus mampu menenangkan hatimu untuk tidak mengeluh, karena bagaimanapun dari dirinyalah kamu memiliki pengalaman berharga untuk tidak berbuat demikian pada siapapun.

Jangan Mengumpat Meski Dihadapkan Dengan Orang yang Paling Jahat Sekalipun, Karena Darinya Kamu Belajar Untuk Tidak Sepertinya

instagram.com/viratandia

Maka disaat kamu ingin sekali amarah karena kecewamu, ingatlah bahwa saat itu juga Allah melihatnya. Dengan demikian, tentu kamu tidak akan pernah bisa amarah, bahkan malu untuk marah dihadapan Allah.

Intinya, jangan pernah biarkan dirimu mengumpat meski telah dihadapkan dengan orang yang paling jahat sekalipun oleh Allah, karena tetap saja darinya kamu bis abelajar untuk tidak sepertinya.

Setiap Kejadian Telah Allah Sandingkan Dengan Kebaikannya Masing-masing, Maka Pastikan Kamu Bijak Menerimanya

instagram.com/viratandia

Dan ingat, setiap kejadian itu telah Allah sandingkan dengan kebaikannya masing-masing, maka pastikan kamu bijaksana menerimanya dengan penuh rasa sabar dan lapang dada.

Karena sejahat apapun orang lain kepadamu, sebenarnya tidak ada yang rugi, sebab Allah akan mengganti kecurangan yang membuatmu sedih dengan balasan kebaikan yang lebih indah.

Allah Maha Baik, Tidak Mungkin Dia Memberimu Kisah Sia-sia yang Tidak Ada Makna Indah Dibaliknya

instagram.com/viratandia

Lagipula kamu harusnya selalu ingat, bahwa Allah itu maha baik maka tidak mungkin Dia memberimu kisah sia-sia yang tidak ada makna indah dibaliknya.

Untuk itu, seburuk apapun kejadian yang kamu alami sebab pertemuanmu dengan orang yang jahat, jangan pernah kamu menyalahkannya.

Ikhlaslah, karena bagaimanapun kamu mendapat pelajaran berharga darinya, dan dari Allah kamu akan mendapat kebaikan yang luar biasa.