Jangan Memarahi Anak di Tempat Umum, Ini Dampak Buruknya

tribunnews.com

Mengasuh anak bukan perkara yang mudah, terkadang tingkah laku anak membuat orang tua sebal dan tidak tahan untuk memarahinya.

Akan tetapi memerahi anak ditempat umum sangat tidak diperbolehkan karena bisa melukai sang anak dan juga berdampak buruk baginya. Inilah diantaranya adalah:

1. Memberikan Memori Buruk
Kebiasaan memarahi anak di depan umum akan memberikan memori buruk yang akan terus membekas. Sehingga berdampak buruk bagi tahapan perkembangan emosi anak.

Emosinya tidak akan stabil, akan memiliki memori buruk karena sering dimarahi di hadapan banyak orang.

2. Menganggu Kesehatan Mental
Anak yang dimarahi di depan umum bisa memicu risiko kesehatan, mental anak pun terganggu. Perasaan marah, malu, kecewa dan sedih akan memberikan efek buruk .

Bukan berdampak buruk kepada dirinya sendiri namun hubungan anak kepada orang tuanya.

3. Menurunkan Kepercayaan Diri Anak
Anak yang dimarahi didepan umam akan menurunkan kepercayaan diri anak, ia akan merasa malu diperlakukan seperti itu. Dampak buruknya ia akan merasa takut untuk bersosialisasi dan menghambat perkembangan psikologisnya.

4. Merusak Hubungan Antara Anak dan Orang Tua
Tanpa disadari orang tua dan anak menjadi renggang, hilang rasa hormat kepada orang tuanya sendiri. Bahkan anak akan menjadi dendam kepada orang tuanya.

5. Menjadi Sosok Pemberontak
Kesalahan orang tua dalam mendidik anaknya akan berdampak pada kepribadiannya. Anak akan menjadi egois dan menjadi pemberontak.

6. Mengembangkan Prilaku Penindasan atau Bullying
Anak yang sering dimarahi dan dibentak akan mengalami emosi yang tidak stabil. Sehingga akan memicu anak mengembangkan prilaku bullying dan penindasan. Dia juga bisa mempermalukan orang lain nantinya.