Jangan Hanya Mengerti Dirimu Sendiri, Mengertilah Pula Orang Lain Agar Tidak Mudah Menghakimi

  • 2.7K
    Shares

Belajarlah untuk mengerti orang lain dengan baik, belajarlah untuk memahami orang lain dengan bijaksana, agar kamu tidak pernah dengan mudah menghakimi orang lain.

Mengertilah orang lain layaknya kamu mengerti dirimu sendiri, agar saat kamu menemukan kesalahan pada dirinya maka kamu tidak menyalahkannya sesuai dengan pikiranmu saja.

Berpikirlah Lebih Bijaksana, Dengan Melihat Bagaimana Orang Lain Dengan Penuh Pengertian

instagram.com/fidahazizah

Kamu harus mampu berpikir lebih bijaksana, kamu harus mampu meluaskan pikiranmu dalam mengerti situasi dan kondisi orang lain, karena dengan demikian pasti kamu akan selalu berhati-hati terhadap siapapun.

Kamu akan selalu melihat bagaimana orang lain dengan penuh pengertian, jika setiap saatnya kamu telah terbiasa melunakkan hati untuk mengerti keadaan siapapun.

Jangan Biasakan Mengeluh, Karena Eluhan Hanya Akan Mempersempit Sudut Pandangmu

instagram.com/fidahazizah

Jangan pula membiasakan diri dengan eluhan, karena eluhan hanya akan mempersempit sudut pandangmu terhadapmu sesuatu.

Eluhan hanya akan membuatmu berpikir senaknya saja terhadap orang lain, maka pasti berkomentar buruk dan semacamnya pun akan mudah kamu lakukan.

Bukalah Hatimu Lebar-lebar Dengan Kesabaran, Karena Bila Kamu Sabar Pasti Kamu Akan Lebih Bijak Menilai Orang Lain

instagram.com/fidahazizah

Karenanya, melatih hati agar selalu mengerti dan memahami itu penting, maka bukalah hatimu lebar-lebar dengan kesabaran, dan bila kamu selalu bersabar pasti kamu akan lebih bijak menilai orang lain.

Kamu tidak akan berkomentar sesuatu yang melukai hatinya, meski benar dia dalam keadaan bersalah, jika kamu telah mengendalikan hatimu untuk tidak menilainya semaumu saja.

Kamu Tidak Akan Sembarangan Men-Judge, Tatkala Kamu Bijak Mengendalikan Dirimu Dengan Rasa Mengerti yang Besar

instagram.com/fidahazizah

Tentu kamu pun tidak akan sembarangan men-judge siapapun, sekalipun dia melakukan kesalahan besar, tatkala kamu bijak mengendalikan dirimu dengan rasa mengerti yang besar.

Kamu akan lebih mengarahkan dan mengajak kepada jalan yang lebih baik, bukan malah mencaci dan menghakimi, tatkala melihat orang lain melakukan kesalahan, sekalipun benar kesalahan yang diperbuatnya adalah besar.

Belajarlah Dengan Tidak Hanya Fokus Pada Kesalahan Orang Lain, Tapi Lihatlah Sebab Apa Dia Melakukan Kesalahan Tersebut

instagram.com/fidahazizah

Maka dari itu, belajarlah membiasakan diri dengan tidak hanya fokus pada kesalahan orang lain, tapi lebih tepatnya fokuslah mencari penyebab mengapa dia melakukan kesalahan tersebut.

Intinya, saat kamu melihat orang lain bersalah jangan hanya menjadi yang terdepan untuk mengomentarinya, tapi carilah pula solusi bagaimana dia keluar dari kesalahannya, sebab yang demikian lebih dibutuhkannya daripada umpatan sebagai penghakiman atas kesalahannya.