Jangan Cepat Percaya Apa yang Belum Kita Ketahui, Karena Kadang Telinga Salah Mendengar

Untuk sesuatu yang belum pasti, untuk sesuatu yang masih samar, sebaiknya tidak langsung kita percaya. Sebab apa yang belum pasti bisa saja akhirnya menjadi benar dan bisa menjadi salah.

Jadilah pribadi yang tidak gampang percaya sebelum tau sebuah permasalahan yang sebenarnya, jadilah peribadi yang tidak gampang membenci dan jadilah pribadi yang selalu berhati-hati dalam urusan yang menyangkut orang lain.

Jangan Cepat Marah Dan Jangan Cepat Benci, Karena Hati Kadang Salah Menduga

instagram.com/helminursifah/

Jangan cepat marah hanya karena prasangkamu yakin ada yang menyalahi dirimu. Jangan cepat membenci hanya karena kau menduga bahwa ada seseorang yang kau yakini telah merugikanmu.

Sebab hatimu, keyakinanmu dan prasangkamu itu bisa salah. Dan ketika kau sudah salah atas pradugamu sendiri sudah tentu kaulah yang paling patut untuk disalahkan.

Jangan Cepat Marah Dan Banyak Kata, Karena Kadang Mulut Salah Berucap

instagram.com/helminursifah/

Jangan cepat marah pada sesuatu yang membuatmu merasa kesal, pada sesuatu yang dirasa merugikanmu.

Saat kau marah sudah tentu kau akan banyak mengeluarkan kata-kata yang mungkin saja dapat menyakiti orang lain yang sebenarnya tidak merugikanmu.

Jagalah kata-katamu, jaga lisanmu, sebab saat sedang marah mudah bagi siapapun untuk mengucapkan kata-kata yang salah, kata-kata yang menyakiti orang lain.

Jangan Gampang Percaya Pada Apa Yang Baru Kita Lihat, Karena Kadang Kenyataan Tak Seperti Yang Kita Lihat

instagram.com/helminursifah/

Pada sesuatu yang belum kita ketahui sepenuhnya, janganlah gampang menyalahkan. Sebab kita tidak tahu duduk perkara yang sebenarnya, yang bisa saja menyebabkan sebuah perkara terjadi.

Jangan gampang menyalahkan, karena apa yang terlihat salah belum tentu salah, bertanya atau mencari tahu dulu sebelum menyalahkan orang lain, karena bisa saja kita keliru dalam menilai atau melihat suatu keadaan.

Jangan Terlalu Mudah Menyebarkan Sebuah Kabar, Karena Berita Yang Kita Dengar Bisa Saja Salah

instagram.com/helminursifah/

Saat kau mendengarkan sebuah kabar yang dirasa dapat merugikan orang lain, janganlah kau mudah menyebarkannya, jangan cepat membicarakannya pada orang lain.

Sebab kadang kabar yang tidak kita dapatkan langsung dari orang yang bersangkutan biasanya selalu keliru, jatuhnya menjadi fitnah.

Dahulukan Istigfar Sebelum Emosi Karena Kadang Kebenaran Selalu Datangnya di Akhir

instagram.com/helminursifah/

Ingatlah untuk selalu mendahulukan istigfar ketika kau mulai emosi, ketika kau mendengar sesuatu yang buruk atau melihat sesuatu yang buruk.

Sebab kebenaran selalu datang diakhir, sementara kemarahan atau emosi akan membuatmu hilang kendali, baik bertindak sesuatu yang buruk atau mengucapkan seauatu yang buruk pula.