Jangan Biasakan Mengurusi Dosa Orang Lain, Karena Dosamu Bisa Jadi Lebih Besar Dari Dosanya

  • 6
    Shares

Jangan biasakan mengurusi dosa-dosa yang orang lain perbuat, karena dosa-dosa yang kita lakukan bisa jadi lebih banyak dari dosanya. Maka, senantiasalah untuk selalu mengoreksi diri sendiri, jangan hanya pintar mengoreksi dosa-dosa yang orang lain lakukan. Karena saat kita terbiasa mengoreksi dosa yang orang lain perbuat, maka dosa yang kita lakukan takkan pernah kita sadari.

Mereka Melakukan Dosa Kepada Allah, Maka Biarlah Allah Yang Mengurusnya Karena Ia Lebih Tahu Balasan Yang Pantas Untuknya

sea-globe.com

Dan jika memang benar mereka melakukan dosa kepada Allah, maka biarlah Allah yang mengurusnya, karena hanya Allahlah yang mengetahui balasan apa yang pantas dan setimpal untuknya. Jadi, kita tidak usah capek-capek buang energi menghakiminya ataupun mencelanya.

Jangan Menghakimi Dosa Yang Orang Lain Perbuat, Karena Yang Berhak Menghakimi Hanyalah Allah Semata

sea-globe.com

Iya, jangan menghakimi dosa yang orang lain perbuat, karena yang berhak menghakimi hanyalah Allah semata. Semua dosa-dosa yang ia lakukan sudah ada catatannya tersendiri, sebab Allah memang sudah mengutus untuk mencatat setiap amal buruk dan amal baik yang kita lakukan.

Maka dari itu, pandailah mulai sekarang mengendalikan diri saat mendapati orang lain tengah melakukan dosa, jangan sampai kita seenaknya menghakimi dengan perkataan hina.

Tugasmu Sebagai Seorang Muslim Adalah Mengingatkannya Bukan Malah Menghinanya

sea-globe.com

Ingatlah, tugas kita sebagai seorang muslim adalah mengingatkannya bukan malah menghinanya. Jadi, saat mata kita melihat orang lain hendak melakukan dosa ataupun tengah berdosa segeralah ingatkan dia untuk kembali kepada jalan kebaikan, tetapi saat usaha kita tidak ia hargai maka jangan bosan untuk terus mengingatkannya berulang kali, karena hidayah Allah tak ada yang tahu kapan datangnya.

Kewajibanmu Sebagai Seorang Muslim Adalah Mengajak Bukan Malah Mengejek

www.foxnews.com

Dan sadarlah, kewajiban kita sebagai seorang muslim adalah megajak bukan malah mengejek, jadi saat orang lain sama sekali tidak mengindahkan ajakan yang kita lakukan, jangan sampai kita balik mengejeknya karena kesal.

Karena memang hak mereka mau menerima atau menolak ajakan baik yang kita lakukan, yang penting kewajiban sebagai seorang muslim telah kita laksanakan dengan benar.

Diakhirat Allah Tidak Akan Menanyakan Dosa Yang Orang Lain Perbuat Kepada Dirimu, Maka Pikirkanlah Dosamu Sendiri

sea-globe.com

Dan selalu ingatlah bahwa diakhirat kelak Allah tidak akan menanyakan dosa yang orang lain perbuat kepada kita, sebab setiap insan yang bernyawa sudah mempunyai hitungan amal tersendiri.

Maka dari itu pikirkanlah dosa-dosa yang telah kita lakukan, jangan lagi melihat pada dosa yang orang lain perbuat, karena jika tidak kita akan terus terusan menumpuk dosa tanpa disadari.