Jadilah Orang yang Paling Ikhlas, Bukan yang Paling Baik. Sebab Dalam Kebaikan Belum Tentu Ada Keikhlasan

  • 10
    Shares

Perbuatan baik yang bernilai itu adalah ikhlasnya bukan banyaknya, karena untuk apa berbuat baik bila tak ada kata “ikhlas karena Allah”, apalagi bila kebaikan yang dilakukan hanya untuk mendapat nilai dari manusia. Na’udzubillah

Jadi, ketika kita tergugah untuk melaukan kebaikan, jangan lupa untuk lunakkan hati karena Allah, agar kebaikan yang kita lakukan tidka menjadi sia-sia.

Ajarkan hati untuk terus menjadi orang yang paling ikhlas, bukan yang paling baik semata. Sebab dalam kebaikan belum tentu ada keikhlasan, tapi dalam keikhlasan sudah pasti ada kebaikan.

Kebaikan Yang Sedikit Harusnya Bukan Masalah, Asal Didalamnya Ada Ikhlas Sebagai Penguatnya

instagram.com/meiraniap

Maka seharusnya bukan masalah ketika kamu berbuat baik hanya mampunya memang sedikit, bersedakah misalnya, tidak usah sok kaya dan dibanyak-banyakin hanya karena panas hati melihat orang lain bersedekah banyak.

Karena kebaikan yang sedikitpun harusnya bukanlah masalah, asal didalamnya ada ikhlas sebagai penguatnya.

Kebaikan Yang Kecil Bukan Suatu Masalah Asalkan Lillah, Yang Masalah Itu Kebaikan Yang Besar Tapi Tak Pernah Lillah

instagram.com/meiraniap

Bersedekah banyak atau melakukan kebaikan lainnya sebanyak mungkin, tapi ujung-ujungnya hanya untuk mendapat nilai baik dari manusia, maka sungguh yang demikian sangatlah rugi.

Lagipula untuk apa merasa tidak enakan pada manusia, sedangkan yang menambahkan kita kebaikan adalah Allah. Jadi, kebaikan kecilpun tak masalah asalkan lillah, karena yang masalah itu kebaikan yang besar tapi tak pernah lillah.

Ketahuilah, Sekecil Apapun Kebaikan Bila Ikhlas Mengerjakannya Maka Allah Akan Memberi Balasan Kebaikan Yang Lebih

instagram.com/meiraniap

Jadi ketahuilah, bahwa sekecil appaun kebaikan bila dalam mengerjakannya kita selalu ikhlas, maka Allah akan memberi balasan kebaikan yang baik dan pastinya lebih sempurna.

Sebab itulah mengapa kita harus mengajarkan hati untuk menjadi peribadi yang paling ikhlas, bukan yang paling baik semata. Karena belum tentu dalam kebaikan ada keikhlasan, tapi dalam keikhlasan pastilah ada kebaikan.

Kebaikan Yang Banyak Sekalipun Bila Tak Pernah Lillah, Maka Sungguh Dimata Allah Nilainya Menjadi Sia-Sia

instagram.com/meiraniap

Dan sungguh akan sangat merugi bila kita melakukan kebaikan hanya untuk mendapat nilai tambah dari manusia, bukan dari Allah.

Karena kebaikan yang banyak sekalipun bila kita tak pernah lillah, maka sungguh dimata Allah nilainya menjadi sia-sia.

Karena Sejatinya Bukan Banyaknya Kebaikan Yang Berharga Dimata Allah, Tapi Seberapa Baik Hati Merujuk Kepada-Nya Saat Berbuat Kebaikan

instagram.com/meiraniap

Oleh karenanya, selalu ajarkan hati untuk ikhlas dan ikhlas dalam melakukan kebaikan, agar kebaikan yang lebih sempurnapun Allah hadiahkan kepada kita sebagai balasannya.

Karena sejatinya bukan banyaknya kebaikan yang berharga dimata Alalh, tapi seberapa baik hati kita merujuk kepada-Nya disaat kita melakukan kebaikan.