Ini Manfaat Luar Biasa Memegang Tangan Suami Saat Istri Melahirkan

Proses melahirkan adalah proses yang paling mendebarkan bagi seorang perempuan. Situasi ini adalah situasi diambang pintu antara hidup dan mata.

Disatu sisi merasa bahagia karena akan kedatangan buah hati tercinta. Namun sakit yang dirasakan sangat luar biasa. Pendampingan suami sangat dibutuhkan dalam proses melahirkan.

Bahkan sang suami dianjurkan untuk menggengam tangan istri, bukan hanya memberi semangat, ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Diantaranya adalah:

1. Sentuhan Fisik Mampu Redakan Sakit
Sentuhan fisik melibatkan kulit, menurut Psikologi Pengantin, salah satu indra sensoris yang diakui setara dengan penglihatan mata adalah sentuhan.

Sensasai dari sentuhan fisik yang terjadi pada kulit sangat berpengaruh pada pengalaman psikologis. Sentuhan fisik melibatkan energi mekanis, thermal, dan kimiawi yang menimpa kulit. Simulasi tersebut menghasilkan tekanan, rasa hangat, dingin juga sakit.

Struktur serabut syaraf yang menghubungkan kulit dengan otak memberikan informasi melalui tulang belakang termasuk otak.
Jalur taktil melewati thalamus, terus menuju somatosensory cortex yang terletak pada otak, somatosensory cortex berfungsi memberikan informasi ke tubuh seperti tekanan dan rasa sakit.

Saat perempuan merasakan sakit dalam proses melahirkan, sentuhan dari pasangan bisa membantu meredam rasa sakit. Karena ketika sakit sentuhanlah yang bisa meredam rasa sakit.

2. Sentuhan Bisa Memberikan Rasa Nyaman
Sentuhan atau genggaman tangan bisa memberikan stimulus yang bisa membangkitkan rasa aman dan nyaman. Sentuhan dan kulit memberikan informasi ke otak yang bisa meredakan marah, membangkitkan gairah dan memberikan rasa nyaman.

Sehingga pendampingan suami sangat dibutuhkan ketika istrinya sedang melahirkan.