Ini 6 Manfaat Melamun Untuk Kesehatan Mental Menurut Peneliti, Jarang Disadari

klikdokter.com

Banyak orang menghindari melamun karena dianggap sia-sia dan tidak bermanfaat. Padahal melamun juga bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan mental.

Direktur Program Mindfulness di Johns Hopkins, Gould mengatakan bahwa melamun bisa meningkatkan suasana hati apalagi ditengah pandemi seperti ini.

Kondisi dimana kita dihadapkan dengan pandemi ini terjebak dalam hal-hal negatif, bahkan ketidak pastian akan masa depan.
Namun ternyata dengan melamun bisa berguna untuk membantu mengatasi suasana hati. kata Gould, direktur Program Mindfulness di Johns Hopkins, kepada The Washington Post.

Inilah 6 manfaat melamun bagi kesehatan mental.

1. Bisa Meningkatkan Kreativitas
Seseorang yang melamun secara tidak sadar ternyata bisa meningkatkan kreativitas. Misal sedang mandi lalu tiba-tiba menemukan solusi dari permasalahannya, itulah yang disebut dengan meningkatkan kreativitas.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh UC Santa Barbara menemukan bahwa orang yang melamun bisa menyelesaikan tugas
kreatif 41 persen lebih baik daripada yang tidak melamun.

2. Bisa Mengatasi Kecemasan
Seseorang yang cemas dan khawatir biasanya disebabkan hal-hal yang belum terjadi, dan ternyata hal itu bisa diatasi dengan melamun.

Dalam sebuah studi tahun 2016 dari University of British Columbia, para peneliti menemukan bahwa membiarkan pikiran negatif berkeliaran bisa mengurangi kecemasan.

Namun yang perlu diketahui bahwa ketika pikiran berkeliaran jangan sampai membuatmu depresi, alangkah lebih baik perhatikan kemana arahnya. ” saran Leslie Ellis, Ph.D., psikoterapis, guru, dan penulis A Clinician’s Guide to Dream Therapy.

Biarkan terus mengalir secara perlahan dan jangan terus dipikirkan, imbangi dengan mengatur pernapasan agar rasa cemas yang mengganggu kesehatan mental berkurang.

3. Bisa Memperkuat Hubungan
Ternyata, membayangkan hal-hal yang membahagiakan lewat melamun bisa memperkuat hubungan.

Dalam sebuah studi tahun 2016 yang mengamati sebauh hubungan yang melamun dengan pasangan kekasih, ditemukan adanya meningkatakan cinta, koneksi dan kepemilikan.

Artinya, jika kamu bisa melihat sahabata tau pasangan baru yang melamun, maka bisa membantu menjaga hubungan tetap kuat.

Leslie Ellis, Ph.D., psikoterapis, guru, dan penulis A Clinician’s Guide to Dream Therapy, jika membayangkan hubungan yang benar-benar tulus dengan seseorang, maka kita memang memilikinya.

4. Membuat Lebih Produktif
Untuk membuat seseorang lebih produktif sebenarnya dengan beristirahat, akan tteapi jika tidak memiliki waktu yang cukup bisa melamun.

Dalam sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan oleh Institut Teknologi Georgia, menemukan bahwa melamun sejenak saja bisa membuat tubuh lebih segar.

Dengan energi yang baru itulah bisa melakukan tugas berikutnya dengan baik.

5. Membuat Lebih Bahagia Apalagi di Tempat Kerja
Stres karena pekeraan atau merasa tertekan, melamun ketika bekerja bisa meningkatkan suasa hati.

Sebuah penelitian baru-baru ini dilakukan bahwa ketika kamu membiarkan pikiranmu mengembara disela-sela kesibukan pekerjaan maka akan kembali merasa lebih positif.

Artinya melamun bisa meningkatkan kesejahteraan karyawan dan menciptakan kepuasan kerja untuk jangka panjang.

6. Bisa Membantu Mencapai Tujuan
Gabriele Oettingen, Ph.D., seorang profesor psikologi di New York University dan penulis Rethinking Positive Thinking: Inside the New Science of Motivation mengatakan, jika ingin memenuhi keinginan maka mulailah dengan melamun, lalu temukan hambatanmu.

Dianjurkan untuk memulai dengan mengidentifikasi keinginanmu, membayangkan hasil dan hambatan terbaik lalu membuat rencana mengatasi hambatan tersebut.

loading...
loading...