Ini 4 Perkataan Pada Anak yang Harus Orang Tua Hindari

medcom.id

Bukan suatu pekerjaan yang mudah mengasuh anak. Orang tua memiliki peran yang sangat penting dan harus bisa mendidik anaknya dengan baik agar tumbuh menjadi anak yang baik.

Sehingga segala yang diucapkan dan tindakan orang tua akan menjadi contoh bagi anaknya. Dan pengaruhnya sangatlah besar dalam pembentukan kepribadian anaknya.

Perkataan negatif kepada anak bisa membuat anak berprilaku negatif. Tapi sebaliknyaa orang tua yang selalu berkata positif maka anak pun akan mengarah pada arah yang positif.

4 hal ini tidak boleh diucapkan orang tua kepada anaknya.

1. Jangan Mengatakan Tidak Mengerti
Apapun yang dikatakan anak orang tua tidak boleh mengatakan tidak mengerti.

Biarkan anak mengungkapkan pendapat mereka, dorong mereka untuk mengutarakan pendapatnya agar tumbuh menjadi orang yang percaya diri.

2. Jangan Lakukan Ini Karena Kamu Laki-laki atau Perempuan
Orang tua hendaknya tidak membeda-bedakan jenis kelamin. Jika anak semakin dilarang jusstru dia semakin penasaran dan bisa saja mencari tahu bahkan melakukannya.

Maka jangan pernah batasi mereka berdasarkan jenis kelaminnya. Lebih baik arahkan kepada mereka pada hal yang boleh dilakukan dan tidak.

3. Jangan Menangis
Menangis adalah cara anak untuk mengungkapkan apa yang mereka alami.

Maka orang tua harus memberikan ruang agar merasa merasa nyaman, sehingga mereka merasa dihormati dan bisa berbagi tanpa merasa dihakimi.

4. Jangan Bandingkan Dengan Siapapun
Ingatlah anak anda berbeda dari siapapun maka jangan sampai membandingkan. Karena jika dibandingkan hanya akan menimbulkan kebencian dan persaingan.

Lebih baik kenali anak, pahami apa yang menjadi kekuatannya dan jangan pernah membandingkan.