Hindari 7 Kebiasaan Ini Karena Dapat Merusak Gigi

klikdokter.com

Berbicara seputar kesehatan dan kecantikan, merawat gigi juga menjadi hal yang harus kamu perhatikan, karena kesehatan pada gigi akan berdampak pada auramu.

Maka dari itu pentingnya untuk menghidari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi dan mangakibatkan gigimu tidak sehat. yuk baca apa saja kebiasaan buruk itu.

1. Sering Mengkonsumsi Cemilan Manis
Tanpa sadar selama ini kamu sudah tidak menjaga ksehatan gigi dengan baik karena terlalu banyak mengkonsumsi cemilan manis, kebiasaan ngemil makanan manis juga dapat menimbulkan masalah kesehatan lain yang serius, lho.

2. Menyikat Gigi Terlalu Keras
Banyak yang mengira dengan menyikat gigi secara kuat dapat mebersihkan gii dan memiliki gigi putih, tanpa tahu bahwa menyikat gigi terlalu keras atau pakai sikat gigi yang salah bisa merusak gigi dan gusi.

Sehingga bisa menyebabkan enamel gigi aus dan penurunan gusi.

3. Mengunyah Es Batu
Meski es batu hanyalah air yang di bekukan dan bukan makanan yang manis, namun memiliki kebiasan mengunyah es batu juga dapat membuat keretakan pada gigi.

Selain itu, bisa juga terjadi iritasi pada jaringan lunak dalam gigi, yang bisa menyebabkan sakit gigi.

4. Membuka Kemasan Atau Tutup Botol Dengan Gigi
Hal ini sering dilakukan ketika kamu sedang kesulitan membuka kemasan, membuka kemasan menggunakan gigi dapat terjadi keretakan dan patah pada gigi, karena tugasnya untuk mengunyah.

5. Menggemeretakkan Gigi
Kebiasaan menggemeretakkan gigi dapay membuat gigi terasa nyilu dan lapisan dalam gigi akibat pengikisan email berulang, kehilangan gigi, kehilangan pendengaran, dan gangguan sendi temporomandibular.

6. Menggigit Pensil
Kebiasaan buruk ini sering kamu lakukan ketka dalam keadaan bingung tanpa kamu tahu bahwa kebiasaan ini dapat membuat gigi retak atau patah.

7. Sering Minum Soda dan Kopi
Dua jenis minuman seperti soda dan kopi memiliki dampak buruk pada gigi serta dapat merusak dan menganggu kesehatan gigi dengan kandungan asam yang tinggi dan warna kopi yang pekat bisa mengakibatkan perubahan warna pada gigi.