Cara Menyelesaikan Masalah Tanpa Harus Menyinggung Perasaan Pasangan

popbela.com

Setiap orang memiliki masalah, karena masalah akan selalu berdatangan baik itu masalah keluarga, pekerjaan, dan pasangan. Apalagi memiliki masalah dengan pasangan maka akan membuatmu berusaha untuk menyelesaikannya.

Konflik dengan pasangan adalah waktu yang tepat untuk semakin mengenalnya, kamu belajar mengenal, menerima dan belajar toleransi.

Hubungan yang ideal adalah saat kamu bisa menyelesaikan masalah dengan cara yang baik. Karena tidak semua hal bisa menyelesaikan dengan cara yang keras. Maka kamu harus menyelesaikan masalah dengan kalem.

1. Menggunakan Kata-kata yang Membangun
Komunikasi adalah hal yang pentung, baik itu dengan keluarga, teman, rekan kerja atau pasangan. Tanpa komunikasi yang baik kamu tidak akan memiiliki hubungan yang baik.

Perhatikan apa yang akan kamu katakan, karena kata-katamu bisa membuatnya mengingat memori buruk dan tidak bisa membuatnya terluka.

2. Tak Perlu Membahas Kesalahan yang Sudah-sudah
Jangan pernah menoleh kebelakang, masa lalu buruk apapun harus kamu lupakan dan cukup jadikan pelajaran. Kesalahan yang terjadi cukup jadikan pelajaran, maka dari itu kamu tak perlu mengungkitnya lagi.

Jika mengingat kesalahan yang lalu yang ada hanya terprovokasi dan akan memperpanjang masalah.

3. Tanyakan Penyebabnya, Kenapa dan Bagaimana
Berlatihlah untuk mendengarkan, jangan berargumen saat kamu sedang panas dan penuh amarah. Beri waktu untuk pasanganmu berbicara.

Selesaikan masalah dengan kepala dingin agar menemukan solusi.

4. Jangan Menyalahkan Pasanganmu
Menyalahkan pasangan tidak akan memberimu kebahagiaan. Berikan pengertian tentang apa yang terjadi, kamu harus bisa memperbaiki hubungan tanpa harus selalu menyalahkan.

5. Kamu Bisa Memanfaatkan Sisi Humoris Untuk Meredam Emosimu
Setelah bertengkar biasanya akan merasa canggung, dengan begitu harus mencarikan suasa dengan cara humoris.

6. Hindari Memulai Percakapan Dengan Kata Kamu
Percapakan yang dimulai dari kata kamu biasanya terkesan negatif, menyinggung dan menghakimi orang lain. Lebih baik katakan aku tidak suka keadaan ini atau kata-kata lain yang mengandung hal positif.

7. Meminta Waktu Sendiri
Kamu dan dia harus menyepakati waktu bersama untuk menyendiri agar lebih tenang dan bisa berdamai saat pikiran sudah lebih baik.