Biar Tidak Salah, Begini Cara Memberi Saran Pada Teman yang Sedang Curhat

hijab dream.co.id

Sahabat adalah tempat ternyaman untuk curhat masalah, mulai dari masalah yang besar hingga masalah yang sangat sepele. Untuk itu, ketika sahabatmu sedang curhat kamu harus berada di posisi netral dan harus bisa memberi saran yang baik.

Jangan memberi saran yang mendukung sahabatnya karena belum tentu benar, bisa jadi saranmu semakin menyakitinya dan membuatnya mengambil langkah yang salah.

1. Dengarkan Dengan Seksama
Ketika sahabatmu curhat hindari untuk bermain hp atau melakukan hal lainnya. Fokuslah pada curhatan dia, dengarkan dengan baik serta jangan memotong pembicarannya agar kamu mengerti permasalahannya dan dengan mudah memberi saran.

2. Jika Memang Tidak Bisa Jangan Memberi Saran yang Keliru
Tugasmu hanya mendengarkan masalah yang sedang ia hadapi. Jika dia bertanya harus bagaimana kamu pun tidak harus memberikan jawaban yang tepat, jika kamu tidak bisa memberi saran cukup katakan, jangan sampai memberi saran yang salah.

3. Minta Saran Orang Lain
Jika kamu tidak bisa memecahkan masalah pasanganmu, minta bantuan orang lain yang dianggap bisa memecahkan permasalahan tersebut.

4. Peka dan Jeli Terhadap Permaslahannya
Jika sahabatmu menceritakan masalah yang sama setiap kalinya, tanyakan kepadanya apa yang menyebabkan masalah ini berulangkali. Tak perlu marah, cukup dengarkan saja meskipun merasa tidak nyaman dengan cerita yang itu-itu saja.