Begini Cara Muslimah Sejati Memilih Laki-Laki Sebagai Calon Suaminya

  • 3
    Shares

Semua orang pastinya memiliki keinginan untuk mendapat pendamping yang baik dalam segala hal tentunya, agar hubungan yang diikat dalam sebuah pernikahan akan selalu harmonis dan damai.

Namun, harus ada beberapa langkah yang tentunya harus kita ketahui sebagai patokan untuk memilih pasangan hidup yang benar-benar akan membuat kita merasa senang tapi juga bisa membuat kita tenang dalam berumah tangga.

Dan inilah beberapa cara muslimah sejati dalam memilih laki-laki agar bisa dipercaya untuk menyempurnakan Agamanya.

Ia Akan Melihat Bagaimana Agama Dan Ketaatannya Kepada Allah

dream.co.id

Hal ini adalah langkah paling penting untuk memilih calon suami agar tidak salah dalam megambil keputusan. Yaitu kita harus melihat seperti apa agama dan ketaatannya kepada Allah. Sebab, jika hanya mengandalkan tampang muka, harta dan jabatan semuanya tidak akan berguna apa-apa.

Karena laki-laki yang menjamin kebahagian dunia akhirat itu adalah laki-laki yang mampu membuat ketaatan kita bertambah setelah menjadikan kita halal, yang rasa cintanya membuat kita semakin mencintai Allah.

Ia Akan Melihat Bagaimana Keluarga Dan Teman-Temannya

umrohsahrulgunawan.blogspot.com

Mengapa dalam memilih calon pendamping hidup kita dianjurkan untuk melihat bagaimana keluarga dan teman-temannya?, yaitu agar kita tidak kecewa dikemudian hari dengan orang seperti apa kita tinggal.

Sebab, keluarga yang baik biasanya akan melahirkan anak-anak yang baik pula, meski tak semuanya keluarga seperti itu tapi setidaknya kita tahu bagaimana kebiasaan-kebiasaan yang diajarkan kepada calon pasangan kita.

Tentang teman-temannya, kita juga harus selektif memilih pasangan dengan melihat dengan siapa calon kita berteman, tak lain hanya untuk mengetahui bagaimana sikap dan perilakuanya. Karena seorang teman itu sedikit banyak mencerminkan bagaimana perilaku yang kita miliki.

Ia Tidak Akan Melihat Kesempurnaan Fisik Belaka

oketekno.com

Muslimah sejati tidak akan tertipu dengan laki-laki yang mempunyai paras nyaris sempurna, dia mungkin akan terpesona melihat seseorang saat pertama bertemu, tapi selanjutnya muncul pertanyaan, bagaimanakah akhlaknya?.

Karena wajah tampan saja tidak cukup untuk benar-benar dijadikan panutan hidup, maka dari itu muslimah sejati lebih tertarik kepada laki-laki yang berakhlaq mulia, mempunyai sikap dan perilaku yang baik.

Ia Akan Melihat Pendidikannya, Karena Ilmu Adalah Kunci Kehidupan

smeaker.com

Setelah rupa, akhlak, ada hal yang tidak boleh dilupakan bagi seorang muslimah sejati dalam memilih calon suami, dan terkadang hal ini ditempatkan pada urutan pertama, yaitu tentang ilmu dan pendidikannya.

Sebab hal ini akan mempengaruhi komunikasi ke depannya, nyambung apa enggaknya kita dengan pasangan. Karena ilmu adalah kunci kehidupan untuk memulai hidup baru agar tercipta rasa tanggung jawab dalam mengawal hak dan kewajiban dalam berumah tangga.

Ia Akan Melihat Status Dan Profesinya

tribunnews.com

Mungkin kalimat diatas cukup membuat hati yang membaca sedikit terkesiap, karena jika memang sudah memilih karena Allah kita tidak akan memandang status dan profesinya.

Tapi status itu juga penting untuk mengetahui apakah kehidupan laki-laki ini baik atau malah sebaliknya. Sebab, kita juga tidak mau kan terjerumus dalam ikatan yang pada akhirnya hanya membuat kehidupan kita jauh menghamba kepada Allah.

Anjuran untuk melihat status dan profesinya, hanya bertujuan untuk mencegah agar tidak terjadi sesuatu yang hanya merugikan agama kita, bukan melihat pada status sosial yang ia sandang seperti biasanya.