Anak Cengeng Jangan Dianggap Sepele dan Dimarahi, Atasi Dengan Ini

idntimes.com

Tidak ada yang salah dari anak yang cengeng, meski menyebalkan ketika sepanjang hari merengek tanpa sebab namun hal tersebut sangatlah wajar.

Akan tetapi jika sudah berlebihan dan sudah memasuki usia sekolah namun tetap cengeng tentu orang tua akan kesulitan untuk membuat anak mandiri.

Bagi anak usia dibawah 2 tahun memiliki sifat cengeng itu wajar, karena anak belum mengerti dan belum bisa menjelaskan apa yang membuat mereka menangis.

Akan tetapi ketika anak sudah bersekolah masih tetap cengeng tentu akan membuat orang lain terganggu. Maka dari itu orang tua harus melakukan beberapa hal ini.

1. Cara Tahu Penyebabnya
Orang tua harus mencari tahu penyebab anaknya cengeng, hal ini biasanya disebebkan karena anak memiliki perasaan yang sensitif dan pola asuh yang kurang tepat.

2. Jangan Terlalu Memanjakan Anak
Jika terlalu dimanjakan anak akan tumbuh menjadi anak yang cengeng. Sehingga berdampak pada kegiatan sosial juga pergaulannya.

Anak yang cengeng akan menjadi tidak percaya diri, malu, takut dan ragu terhadap kemampuannya sendiri. Sehingga orang tua harus bisa mengatasinya.