Agar Keuangan Rumah Tangga Selalu Lancar, Perhatikan 4 Hal Ini Baik-baik

ruangmom.com

Ketika seseorang sudah menikah ada banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya menyangkut dengan keterbukaan soal keuangan.

Masalah keuangan sangat sensitif didalam rumah tangga. Menurut saran pakar sebaiknya masalah keuangan dalam rumah tangga harus dipahami.

Agar keuangan tetap lancar, 4 hal ini harus dipahami oleh suami-istri

1. Pikirkan Keuangan Keluarga
Sebelum memutuskan untuk menikah jangan hanya memikirkan resepsi pernikahan yang hanya sehari saja. Lebih baik pikirkan masalah keuangan terlebih dahulu.

Diskusikan keuangan masing-masing, apakah memiliki hutang, kapan jatuh temponya, berapa penghasilannya, apakah ada kerjaan sampingan.

Keduanya harus memiliki tujuan finansial jangka pendek, menengah dan panjang. Misal dana pensiun, beli kendaraan atau investasi. Temukan jalan tengah yang bisa disepakati agar saling mendukung rencana keuangan keluarga.

2. Rencanakan Pengatura Keuangan
Setelah mendiskusikan tujuan juga keuangan kondisi pribadi, termasuk hutang, atau keputusan finansial bersama. Harus ada perubahan finansial sebelum dan setelah menikah.

Karena memiliki anak memerlukan tanggung jawab besar. Maka dari itu siapkan recana keuangan untuk sang anak.

3. Merencanakan Kapan Punya Anak
Ketika sudah menikah yang ditanya pasti akan memiliki anak. Maka dari itu siapkan keuangan pemeriksaan hingga persalinan. Juga pendidikan sang anak juga harus di rencanakan.

4. Memikirkan Pendidikan Anak Jangka Panjang
Sebelum memiliki anak harus memutuskan biaya pendidikan anak. Di antaranya, lewat tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan.

Karena semakin tahun biaya pendidikan semakin naik sehingga dana harus dikumpulkan sedini mungkin.