7 Penyebab Datang Bulan Tidak Teratur, Salah Satunya Berat Badan

muslimokezone.com

Setiap perempuan akan mengalami yang namanya menstruasi. Menstruasi adalah meluruhnya dinding rahim untuk membersihkan rahim dari pembuluh kelenjar.

Biasanya, haid terjadi selama 28 sekali, ada yang 21-25 dan ini dikatakan dengan kategori normal. Akan tetapi ada beberapa hal yang menyebabkan darah haid tidak lancar, biasanya disebabkan oleh 7 hal ini.

1. Stres
Beban pikiran yang berat akan mempengaruhi siklus haid. Ketika perempuan stres dan depresi otak akan mengatur hormon siklus haid sehingga ikut terpengaruh. Ketika stres hormon menjadi tidak seimbang.

2. Perubahan Berat Badan
Berat badan yang turun atau naik secara drastis menyebabkan siklus haid tidak lancar.

3. Alat Kontrasepsi
Penggunaan alat kontrasepsi seperti pil KB maka akan menyebabkan haid tidak lancar. Bahkan alat spiral seperti ini bisa menyebabkan darah keluar saat haid.

4. Hormon Tidak Seimbang
Penyebab utama haid tidak teratur adalah hormon tidak teratur. Hormon yang tidak seimbang disebabkan oleh kelelahan atau stres. ketika hormon mengalami gangguan maka siklus haid pun terganggu.

5. Gaya Hidup Tidak Kurang Sehat
Siklus haid tidak lancar disebebkan oleh gaya hidup tidak kurang sehat akan mempengaruhi siklus haid.

6. Olahraga Berlebihan
kita memang harus berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh kita, akan tetapi jika dilakukan secara berlebihan juga berbahaya bagi kesehatan dan bisa menyebabkan haid tidak lancar.

7. Tanda-tanda Adanya Penyakit Serius
Haid tidak lancar bisa jadi karena menghidap penyakit serius. Salah satunya adalah ovarium polikistik yang ditandai dengan kista kecil yang ada didalam indung telur yang menyebabkan ketidakseimbnagan hormon.