7 Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Berantem Sama Pasangan

Membangun rumah tangga dibutuhkan komunikasi yang baik dan sehat. Terbuka dan jujur satu sama lain sehingga pernikahan yang harmonis akan terwujud.

Maka dari itu cepatlah perbaiki komunikasi agar bisa memperbaiki hubungannya yang sedang bermasalah. Karena masalah sepele, perselisihan yang diabaikan akan menimbulkan perpisahan.

Lakukan 7 hal ini setelah bertengkar dengan pasangan

1. Buang Egoismu, Cobalah Untuk Mengerti Pasanganmu
Jangan tinggikan egomo, sampai kapan pun masalah yang ada tidak akan pernah selesai bahkan bisa menyebabkan perceraian. Dan jadilah pasangan yang bisa mengerti, bayangkan jika kamu ada di posisi dia.

Kamu harus tahu apa keinginannya sehingga kamu tidak mau menang sendiri dan bisa mengalahkan egomo.

2. Tidak Ragu Minta Maaf dan Memaafkan
Minta maaf dan memaafkan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan didalam hubungan. Memaafkan dan minta maaf sepakat jadi bukan hanya pasanganmu yang meminta maaf namun kamu juga harus memaafkan.

Perbaiki yang salah bukan mengakhiri yang sudah dijalani dengan susah payah.

3. Berbicaralah Dengan Hati-hati, Jangan Sampai Menyinggung Perasaannya
Jika ingin pernikahannya kembali harmonis maka berbicaralah dengan nada lemah lembut dan penuh kehati-hatian.

Jangan sampai perkataanmu menyinggung perasaannya karena jika pasanganmu merasa tersinggung ia akan kecewa dan tidak akan mudah kembali seperti sebelumnya.

4. Jangan Mengungkit Kesalahan yang Lama
Jagalah perasaan pasanganmu, jangan ungkit masalah yang sudah berlalu. Karena jika diungkit kamu belum tulus memaafkannya.

Kesalahan yang lalu cukup jadikan pelajaran, ketika masalah yang sudah selesai diungkit kembali bisa jadi komunikasnya tidak akan membaik.

5. Jadilah Pendengar yang Baik
Untuk memperbaiki masalah cukup menjadi pendengar yang baik terlebih dahulu, sama-sama menjadi pendengar yang baik dan berikan waktu bagi pasangan untuk mengungkapkan perasannya.

6. Introspeksi Diri
Jagan selalu membela dirimu sendiri, sesekali kamu harus introspeksi diri. Perbaiki komunikasi yang renggang sehingga akan terhindar dari rasa ingin memang sendiri.

7. Akhiri Dengan Komitmen Untuk Selalu Terbuka
Ketika sudah berusaha menyelesaikan masalah, cobalah untuk berkomitmen untuk selalu terbuka. Sehingga kedepannya hubungannya akan semakin membaik dan lebih terbuka. Jika sudah demikian meskipun ada masalah mudah diselesaikan.