6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sarapan, Ini Bahayanya

dapurkobe.com

Sarapan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan pada pagi hari, karena sarapan diperuntukkan untuk menambah asupan energi selama seharian.

Namun siapa sangka bahwa ada beberapa makan yang berbahaya jika dikonsumsi pada pagi hari. Untuk mewujudkan hidup sehat, aktif fan produktif, para pakar menyarankan untuk mengkonsumsi sarapan pagi dengan nutrisi yang seimbang.

Berikut makanan yang tidak boleh dijadikan sarapan pagi.

1. Mie Instan
Mie instan memang terkenal praktis, akan tetapi mie instan ini sangat tidak praktis karena mengandung karbohidrat dan lemak tinggi.

Mie instan juga tidak memenuhi kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi mie instan tidak baik jika terlalu sering dikonsumsi.

2. Pancake dan Wafel
Makanan yang berbahan tepung, gula, susu juga telur adalah makanan terburuk karena tingginya kandungan tepung yang halus.

Juga karena memiliki kandungan tepung, juga memiliki kandungan sirup jagung sehingga bisa memicu memicu resistensi insulin, kondisi yang bisa menyebabkan datangnya diabetes tipe 2.

3. Gorangan
Kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh gorengan karena gorengan mengandung lemak jenuh.

Lemak jenuh bisa menyebabkan tubuh kesulitan membersihkan gula darah sehingga bisa menyebabkan obesitas. Juga bisa mengalami radang tenggorakan.

4. Sosis dan Nugget
Tak kalah dari gorengan, sosis dan nugget juga memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi bahkan bisa memicu terjadinya kanker.

Karena daging hasil pemrosesan berbahaya bagi kesehatan dan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

5. Donat
Donat dan bebragai kue pasty lainnya banyak dikonsumsi di pagi haru padahal gulanya membahayakan.

Topping manis yang dikonsumsi akan memaksa tubuh memompa insulin yang bisa menimbulkan rasa lapar.

6. Sereal
Jika sereal ditambah dengan susu maka akan menambah pasokan kalsium, vitamin D dan nutrisi bagi tubuh.

Akan tetapi kebanyakan serial yang dijual saat ini mengandung gula yang cukup tinggi. Sehingga sereal tak lagi dianggap sebagai sarapan sehat.