6 Dampak Buruk Terlalu Loyal Kepada Teman

womentalk.com

Kesetiaan itu penting, dalam pertemanan pun harus menjaga kesetiaan. Akan tetapi jika berlebihan justru berdampak buruk bagi kita sendiri.

Maka dari itu jangan sampai berlebihan, kamu harus tahu batasan loyalitasmu sehingga kamu tidak mengalami 6 dampak buruk. Diantaranya adalah:

1. Sulit Menemukan Jati Diri
Ketika terlalu dekat dengan teman-temanmu, kamu sulit melihat dirimu karena orang lain melihatmu sebagai mereka. Apalagi saat kamu masih muda dan belum bisa mengenal dirimu sendiri dengan baik.

Untuk mendapat masa depan yang baik kamu harus bisa menemukan hati dirimu, kamu harus tahu kekurangan dan kelebihanmu. Kamu harus tahu apa yang kamu inginkan dalam hidup.

2. Selalu Mendukung Meski Salah
Setiap manusia pasti melakukan kessalahan, saat kamu membernarkan temanmu messki melakukan kesalahan tentu todak memperbaiki diri justru akan terperosok dalam kesalahan.

3. Tidak Memiliki Waktu Untuk Diri Sendiri
Loyalitas terlalu tinggi kepada teman akan membuatmu selalu bersamanya. Baik secara komunikasi dan fisik sehingga kamu tidak memiliki waktu untuk dirimu sendiri.

Jika hal ini tetap terjadi dalam jangka waktu yang panjang kamu akan merasakan kekosongan. Sebab kamu juga butuh berbicara dengan dirimu sendiri bukan hanya dengan orang lain saja.